Ayam Panggang Kalang

Magetan dan Telaga Sarangan memang laksana satu keping mata uang. Keduanya tak bisa dipisahkan. Hanya saja, jika berkunjung ke Magetan dan Sarangan, kurang pas andai tidak menikmati wisata kulinernya.

Daerah yang berada di lereng timur Gunung Lawu dikenal dengan masakan ayam. Sebut saja, sentra ’’Ayam Gandu’’ di daerah Karangrejo. Mulai pejabat setingkat Gubernur Imam Utomo hingga sejumlah tokoh, pernah merasakan nikmatnya menu kuliner di daerah yang lokasinya di antara jalur Maospati-Ngawi itu.

Selain itu, ada juga ’’Ayam Kalang’’ di Desa Kalang Kecamatan Plaosan. Bagi wisatawan yang menuju Sarangan, pasti akan melewati depot yang berada di pinggir jalan raya Magetan-Plaosan itu.

Kalau berbica ayam, warung makan ‘’Ayam Sumini’’ di Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo. Tempatnya memang kurang strategis. Karena letaknya berada di luar jalan raya Kawedanan-Magetan.

Namun, sang pemilik Ayam Sumini itu cukup kreatif dengan memasang papan penunjuk arah. Sehingga, memudahkan konsumen untuk mencapai warungnya. Sehingga, meski lokasinya agak ke dalam kampung, pengunjung tidak akan kebingungan.

Selain ketiga tempat itu, di daerah Kawedanan tepatnya di daerah Gorang-gareng. Kalau dari arah Madiun-Takeran, setelah pasar Gorang-gareng tengoklah ke kiri. Ada penunjuk jalan yang akan menuntun menuju warung tersebut.

Soal rasa, antara Ayam Gandu, Ayam Kalang, Ayam Sumini serta Ayam Kawedanan tak jauh beda. Gurih. Namun, masing memiliki kekhasan sendiri dan yang pasti ayamnya ayam kampung, bukan ayam potong dan sudah barang tentu bukan ayam ‘’kampus’’. Selamat menikmati…!!!


Sumber : Magetankita
 
Diberdayakan oleh Blogger.