Ratusan Ribu,Rumah Tak Layak Huni

Pangdam Tinjau RLTH yang Sudah Direnovasi
MAGETAN-Rumah tak layak huni(RTLH)di Jawa Timur ternyata masih cukup banyak.Jumlahnya mencapai 684 ribu unit.Kondisinya amat memprihatinkan dan harus segera direnovasi.'Sampai saat ini,perbaikan tersebut mencapai 30 ribu rumah.Yang sedang dilakukan sekarang lima rumah rumah,'kata Pangdam Brawijaya Mayjen TNI Suwarno,Sabtu(18/9).
Program pembangunan rumah keluarga tak mampu ini kerja sama antara Pemrov Jawa Timur dengan Kodam Brawijaya. Menurut Suwarno,sejauh ini,renovasi RTLH mendapat sambutan positif masyarakat,terutama yang mendapat program itu.
Untuk program renovasi RTLH ini,lanjut dia,Kodam dan Kodim bekerja sama dengan perangkat di daerah, termasuk RT dan RW.'Yang menentukan lokasinya itu bukan kami.Tapi,warga sendiri.Jadi lebih tepat sasaran,'ungkapnya.
Menurut Pangdam,perbaikan rumah tersebut salah satu program pengentasan kemiskinan.Sebab,standar kemiskinan internasional di antaranya adalah kelayakan huni sebuah rumah.
Saat berkunjung di Magetan,Pangdam yang didampingi Bupati Sumantri dan Muspida tersebut juga menyempatkan diri mengunjungi rumah tidak layak huni Kelurahan Bulukerto,Kecamatan Kota,yang telah direnovasi.
Pangdam dam bupati menyambangi rumah Sumarni Kuning, nenek 70 tahun,yang rampung direnovasi."Matur suwun sanget,griya kula sampun didandani,rumiyin gedhek (terbuat dari bambu,Red),sak niki sampun apik,"ujar Mbah Kuning,yang tinggal sendiri di rumah tersebut.
(rif/isd) 



Sumber : Radarmadiun.com
Diberdayakan oleh Blogger.