Gerakan PKK Sidowayah

Dengan mengacu Visi gerakan PKK yaitu terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan yang Maha Esa, berahklak yang Mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera.

Juga visi untuk maju dan mandiri kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan Lingkungan.

Pemerintah dan masyarakat Desa Sidowayah berusaha untuk lebih menumbuhkembangkan kegiatan PKK secara terpadu, terprogram dan terarah.

Meningkatkan kwalitas dan kwalitas pangan keluarga serta upaya peningkatan pemanfaatan pekarangan melalui Halaman Asri Teratur Indah Nyaman (HATINYA) PKK, sandang dan perumahan yang sehat.

Meningkatkan pengelolaan gerakan PKK baik kegiatan pengorganisasian maupun pelaksanaan Program-programnya yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat setempat serta ketentuan yang berlaku.

Dengan dukungan dana dari ADD pada tahun 2008 sebesar Rp. 10.400.000,- masyarakat bersama-sama aparat Desa Sidowayah mengembangkan Pola Pengembangan PKK dari bawah yaitu pengembangan PKK yang diawali dari masing-masing insani, keluarga, lingkungan dan seterusnya. Hal ini dirasakan sangat efektif dan terarah demi kemajuan dan ke-eksis-an PKK itu sendiri.

Dengan 10 Program Pokok nya, PKK berusaha memberikan peran yang tak mau dipandang sebelah mata oleh organisasi lainnya. Dengan jumlah anggota TP PKK Desa Sidowayah sebanyak 16 orang, mereka ternyata mampu menggerakkan masyarakat sebagaimana tercantum dalam 10 Program Pokok PKK.

Sejalan dengan tujuan Gerakan PKK ialah memberdayakan Keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, maju, mandiri, hidup dalam suasana harmonis yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka kebijaksanaan PKK Desa Sidowayah, diarahkan melalui

1. Kelembagaan :
  • Pemantapan Pengorganisasian Tim Penggerak PKK
  • Pemantapan Kelompok-kelompok PKK dan Dasa Wisma
  • Meningkatkan pemasyarakatan/sosialisasi gerakan rangka pemberdayaan masyarakat untuk berperan serta dalam pembangunan.
  • Meningkatkan Pembinaan melalui suvervisi, pelaporan, evaluasi dan monitoring.
2. Kelompok Kerja I :
  • Meningkatkan Sumber Daya Manusia dari segi mental spiritual, mengembangkan kepribadian dan nilai-nilai budaya bangsa termasuk dalam rangka Pembinaan Anak dan Remaja.
3. Kelompok Kerja II :
  • Meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam meningkatkan pendapatan keluarga untuk meningkatkan perekonomian keluarga dan ketahanan keluarga termasuk kesadaran berkoperasi dan Bina Keluarga Balita (BKB).
4. Kelompok Kerja III :
  • Meningkatkan sumber daya manusia dari segi fisik materiel melalui peningkatan gizi keluarga (Pangan),sandang dan perumahan layak huni.
5. Kelompok Kerja IV :
  • Meningkatkan sumber daya manusia dari segi kesehatan dan lingkungan dengan meningkatkan derajat kesehatan keluarga/masyarakat secara optimal,menanamkan pengertian dan kesadaran mengenai arti pentingnya peranan lingkungan hidup,serta merencanakan keseimbangan,keserasian,keselarasan menuju terwujudnya keluarga yang berkualitas.


    Diberdayakan oleh Blogger.