Pola Hidup Sehat Desa Sidowayah

Di Desa Sidowayah, kesehatan masyarakat diupayakan terpelihara, sejak bayi masih dalam kandungan, usia sekolah, remaja, dewasa, bahkan ketika mereka berusia lanjut  (lansia).

Upaya pencapaian kualitas kesehatan yang prima ini melibatkan peran serta lembaga masyarakat yang secara sinergis bersama-sama dengan pemerintah membangun kualitas kesehatan warga Sidowayah.

Pola hidup sehat sangat besar pengaruhnya bagi kehidupan manusia secara global. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pola hidup sehat diantaranya adalah : Pola makan yang sehat; Pola aktivitas keseharian; Hunian atau tempat tinggal; dan lingkungan sekitar.


Mulai dari kelahiran bayi, pertumbuhan anak / balita, perkembangan remaja, bahkan pola kehidupan usia senja menjadi bahan perhatian Pemerintah Desa Sidowayah, perhatian tentang bidang kesehatan tersebut, diawali sejak bayi masih dalam kandungan, menginjak usia balita, remaja hingga akhirnya menginjak pada usia senja (lansia).

Dengan dipelopori dan didukung oleh lembaga-lembaga yang ada di Desa, warga masyarakat secara bersama-sama menjadikan “pola hidup sehat” sebagai suatu sarana mencapai kehidupan yang lebih baik.

Tercatat bahwa pada tahun 2008 bayi lahir sejumlah 59 anak dan 76 anak pada tahun 2009.  Dari perkembangan bayi lahir tersebut tercatat pula bahwa pada tahun 2008 terdapat 286 balita dimana kesemuanya termasuk dalam golongan balita bergizi baik ( 100% ).

Demikian juga pada tahun 2009 terdapat 299 bailita yang kesemuannya ( 100% ) bergizi baik. Perhatian warga Sidowayah untuk mengikut sertakan putra-putrinya dalam program imunisasi cukup menggembirakan. Ini terlihat dari data cakupan beberapa imunisasi diantaranya Polio-3, DPT-1, BCG seperti catatan posyandu berikut :
  1. Cakupan Immunisasi Polio – 3, tahun 2008 : 53 dan tahun 2009 : 70
  2. Cakupan Immunisasi DPT – 1, tahun 2008 : 61 dan tahun 2009 : 73
  3. Cakupan Immunisasi BCG, tahun 2008 : 59 dan tahun 2009 : 76
(**)
Diberdayakan oleh Blogger.