Jelang Tahun Baru SPBU Tambah Stok

Menjelang pergantian tahun 2010 ke 2011 ini, sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Madiun melakukan penambahan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya jenis premiun. Penambahan dilakukan guna mengantisipasi lonjakan permintaan.

Pengawas SPBU di jalan Yosudarso, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Giran Santoso, mengatakan, SPBU tempatnya bekerja ini melakukan penambahan pesanan untuk premium dua kali lipat dibanding hari-hari normal.

"Kita baru saja pesan 32.000 liter dan masih belum dikirim. Biasanya kata cuma pesan 16.000 liter. Hal ini kita lakukan untuk mengantisipasi peningkatan pembelian dari konsumen yang bisanya meningkat saat tahun baru," ujarnya, Kamis (30/12/2010).

Saat ini pihak SPBU jalan Yosudarso ini, masih memiliki stok Premium sebanyak 14.000 liter, solar 11.000 liter dan pertamax 6.000 liter. Pihaknya tidak mengajukan pesanan untuk solar dan Pertamax dikarenakan jumlah tersebut masih mencukupi sampai hari Selasa (4/1/2011).

"Saya hanya melakukan penambahan stok untuk premium karena dalam kondisi normal satu hari saya bisa menjual 12.000 liter tapi pas tahun baru besok pasti ada lonjakan permintaan. Sedang untuk pertamax dan solar masih tetap normal," jelasnya.

Peningktan pesanan ini juga dibenarkan oleh pihak PT Pertamina (Persero) Unit Pemasaran Wilayah V (Depo Pertamina) depot Madiun. Sales Representative PT Pertamina (Persero) Unit Pemasaran Wilayah V, Fanda Chrismianto, mengatakan saat ini ada peningkatan pesanan untuk jenis Premium sampai 10 persen dibanding saat normal.

"Kita sudah mendapat penambahan delivery order (DO) dari sejumlah SPBU di Wilayah Madiun, karena itu kita juga menambah stok kita sampai 15 persen untuk mengantisipasi peningkatan permintaan tersebut," kata pria berkaca mata minus ini.

Stok normal minyak tanah mencapai 700 KL, solar mencapai 920 KL, dan pertamax mencapai 550 KL. Stok tersebut mencukupi untuk tiga hari kedepan. Depo Pertamina Madiun menerima DO sebanyak dua kali dalam satu minggu dari Depot Pertamina Boyolali, Jawa Tengah, dan Surabaya.

PT Pertamina (Persero) Unit Pemasaran Wilayah V melayani SPBU di Kota dan Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Nganjuk. Sedangkan Depot Boyolali melayani Depo Pertamina Madiun, dan SPBU di wilayah Kabupaten Ngawi, Magetan, Pacitan, dan kabupaten di Jawa Tengah lainnya. [rdk/but]

Sumber ilustrasi Foto : google.com

Diberdayakan oleh Blogger.