Pendaftar CPNS Drop 40 Persen

Jumlah pelamar CPNS tahun ini menurun drastis jika dibandingkan dengan tahun lalu. Di beberapa daerah pelamar yang sudah mengirimkan berkasnya hingga hari terakhir, Jumat (3/12), jauh dari prediksi.

Bahkan perkiraan penurunan mencapai 30 - 40 persen. Salah satunya dapat dibuktikan melalui data pelamar yang masuk melalui Kantor Pos Madiun. Jika tahun lalu jumlah pelamar mencapai 16.000 orang, kini diprediksi hingga penutupan 3 Desember 2010 pukul 10.00 WIB, hanya berkisar 11.000 pelamar.

Staf Pemasaran Kantor Pos Madiun, Selamet Asmono, yang bertugas sebagai Penataan Layanan Pos (PLP) mengatakan, penurunan minat pelamar CPNS diduga disebabkan masyarakat tidak percaya lagi dengan kesungguhan tes CPNS. Kantor Pos Madiun melayani pelamar CPNS untuk wilayah Pemkab Madiun, Pemkot Madiun, Pemkab Ngawi, Pemkab Magetan, Pemkab Ponorogo, dan Pemkab Pacitan.

Selain itu, juga disebabkan menurunnya formasi di masing-masing daerah. Misalnya Pemkab Madiun yang tahun lalu mendapat jatah formasi 445, kini hanya 310 formasi. Pemkot Madiun yang sebelumnya 364 formasi kini hanya 205 formasi. Pemkab Magetan, yang sebelumnya 491 formasi, kini 290 formasi. Pemkab Ngawi hanya dijatah 199, dan Pemkab Ponorogo hanya 205 formasi.

Tahun lalu menurut Selamet, dalam waktu dua pekan bisa mencatat 16.000 pelamar yang memasukkan berkasnya. Namun, kini dia memprediksi jumlah pelamar itu, tidak akan sampai 11.000 pelamar hingga penutupan.

Di Tuban, sampai sehari menjelang penutupan pendaftaran, baru 2.288 pelamar yang memasukkan lamarannya. Padahal, pada tahun 2009 lalu jumlah pendaftar mencapai 7.681 orang. Kendati demikian, Kabag Humas Pemkab Tuban, Jhoni Martoyo mengatakan, pendaftaran tetap ditutup sesuai jadwal, yakni Jumat (3/12).

Namun, Jhoni mengaku kurang paham tentang apa yang menjadi penyebabnya. Yang pasti, pada tahun 2010 Kabupaten Tuban membuka lowongan 213 formasi, sedangkan pada tahun 2009, Pemkab Tuban membuka lowongan untuk 388 formasi.

Jika di daerah lain sepi peminat, Kabupaten Jember merupakan pengecualian. Jumlah pendaftar CPNS mencapai 15.102 orang hingga batas akhir pendaftaran. “Banyaknya pelamar CPNS di Jember karena sejumlah kabupaten tetangga seperti Bondowoso dan Situbondo tidak mendapatkan jatah formasi CPNS,” ujar Kepala Bidang Pengadaan dan Formasi Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jember, Joko Santoso. Kabupaten Jember tahun ini mendapat jatah 212 formasi.nwan/st31/aru/dim/ant

Sumber : Surya.co.id

Sumber Ilustrasi Foto : google.com

Diberdayakan oleh Blogger.