Sejumlah Formasi Kosong

Pendaftar CPNS 2010 Diprediksi Tembus 7 Ribu
MAGETAN-Lamaran CPNSD tahun 2010 yang masuk ke panitia rekrutmen terus bertambah.Hingga kemarin(29/11) tercatat sudah lebih dari 3.163 berkas ada di meja panitia.Diperkirakan,jumlah pendaftar hingga batas waktu terakhir 3 Desember nanti,mencapai 7 ribu lebih.Padahal,CPNS yang dibutuhkan pemkab dalam rekrutmen kali ini hanya 290.
'Mendekati penutupan pendaftaran,biasanya akan terjadi lonjakan jumlah berkas lamaran yang masuk dari kantor pos,'kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD)Sukowinardi,kemarin(29/11).
Dari pantauan koran ini,tim seleksi rekrutmen CPNSD yang dipusatkan di ruang Ki Mageti,kompleks kantor pemkab,timur alun-alun itu terbagi dalam beberapa grup meja.Pembagian itu sesuai dengan berkas lamaran yang masuk.Mulai dari formasi pendidikan,kesehatan hingga tenaga teknis.
Petugas tampak melakukan pengecekan yang meliputi, foto diri,surat lamaran,fotokopi ijazah dilegalisir, dan surat keterangan dari instansi atau lembaga swasta bagi pelamar berusia di atas 35 tahun per 1 Januari 2011.
Informasinya,ada formasi yang hingga kemarin, pelamarnya masih kosong.Namun,tim rekrutmen masih terus melakukan pengecekan soal formasi yang belum menarik minat tersebut.'Kalau hingga akhir pendaftaran ada formasi yang kosong,ya tetap saja. Karena,tidak bisa dialihkan formasinya,'kata Suko.
Pengalaman rekrutmen tahun lalu,formasi yang kosong tersebut terdapat pada jabatan tenaga kesehatan, terutama dokter spesialis.Untuk tahun ini,kuota formasi tenaga kesehatan sebanyak 81.
Pada bagian lain,tiga organisasi membuka posko pengaduan rekrutmen CPNSD.Lembaga yang membuka adalah LSM Magetan Center,Forum Ekonomi Lemah(Formel)dan Forum Aktivis Magetan(FAM).Posko tersebut dipusatkan di sekretariat Magetan Center di Jalan Salak.
'Posko ini kami dirikan sebagai upaya pengawasan terhadap rekrutmen CPNSD.Kalau ada masyarakat yang ingin menyalurkan aspirasi,bisa memberikan informasi ke posko,'terang Direktur Pelaksana Magetan Center Beni Ardi.
Sementara di kantor pos,sejak pagi hingga sore, suasananya cukup ramai.Rekrutmen tahun ini,pemkab memang menggandeng kantor pos untuk penerimaan berkas. Untuk satu kali pengiriman berkas lamaran CPNSD yang dikirimkan,pelamar dipungut biaya Rp18.000.Tarif tersebut termasuk untuk biaya pengiriman surat balasan yang berisi nomor tes dan hasil tes.
Kantor pos sendiri menyediakan tempat khusus bagi masyarakat yang hendak mengurus berkas lamaran CPNSD. Mulai dari amplop hingga tempat penyusunan berkas. Kantor Pos juga memasang terop dan menyiapkan meja beserta lem yang diperlukan pelamar.(rif/isd)
(mbak sri)

Sumber ilustrasi Foto : Google.com

Diberdayakan oleh Blogger.