Soal Video Pacaran,Dindik Kaget

Kasus video pacaran yang pemerannya diduga dua pelajar SMA Negeri 1 Magetan benar-benar membuat Dinas Pendidikan(Dindik)kaget.Apalagi,adegan bermesraan tersebut dilakukan di dalam ruang kelas.'Saya kaget sekaligus prihatin,'terang Kepala Dindik Bambang Trianto,kemarin(19/12).
Bambang mengaku,dalam setiap kesempatan dirinya sudah mewanti-wanti kepala kepada kepala sekolah untuk sering-sering memberikan pengarahan dan pemahaman kepada siswa.'Pihak sekolah sudah saya minta untuk menyelidiki kebenarannya.Kalau memang benar,pasti ada sanksi yang sifatnya juga mendidik,'jelas dia.
Dia mengatakan,saat yang tepat untuk memberikan pengarahan itu bisa dilakukan sekolah bersamaan dengan upacara bendera.Kemudian,sosialisasi juga bisa dilakukan melalui wali kelas.'Ke depan,sekolah jangan bosan untuk terus mem-warning siswa.Perang wali kelas dan guru bimbingan konseling juga harus dimaksimalkan,'terang Bambang.
Ujar Bambang,wali kelas bisa memainkan perannya sesaat sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.Begitu pula dengan guru bimbingan konseling.'Semua elemen harus all out membentengi anak dari dampak negatif perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat ini.'
Menurutnya,sekolah juga memiliki keterbatasan untuk mengawasi siswa.Itulah sebabnya,peran orang tua di luar jam sekolah terhadap anak juga harus disinergikan.Jangan sampai,katanya,masalah pendidikan anak itu diserahkan semua kepada sekolah.
'Tidak hanya sekolah dan orang tua,lingkungan sekitar pun harus ikut membentengi anak-anak kita.Sebab,anak adalah aset dan masa depan bangsa ini.Jadi semua elemen harus ikut menjaga dan mengawasi perkembangan anak-anak kita.'
Kata Bambang,perkembangan teknologi informasi mau tidak mau memang memiliki dampak positif dan negatif. Namun,dengan pengawasan dan pengarahan yang tepat, anak tentu bisa mengambil sisi positif dengan porsi yang lebih besar.
'Kepada seluruh pelajar di Magetan,secara khusus saya mengingatkan mengambil sisi positif dari perkembangan teknologi.Bekali diri kalian dengan kemampuan penguasaan teknologi demi masa depan kalia sendiri,' jelas Bambang.(rif/isd)
(mbak sri)

Sumber Ilustrasi Foto : google.com

Diberdayakan oleh Blogger.