Anggota DPR RI Dua Kali Raih Rekor MURI

Anggota DPR RI, Ramadhan Pohan yang berangkat dari dapil VII, yakni Pacotan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan serta Ngawi ini bakal memecahkan rekor dari Musium Rekor Indonesia (Muri). Direncanakan Ramadahan Pohan bakal menerima penghargaan itu tanggal 25 Januari mendatang.

Ramadhan bakal mendapatkan penghargaan rekor Muri sebagai anggota DPR RI pertama yang memiliki majalah akuntabalitas dan transparansi berisi informasi tentang kegiatan keparlemenan dan konstituen. Menurut rencana, penyerahan piagam rekor MURI itu akan dilangsungkan oleh Jaya Suprana secara langsung di Jakarta.

Ramadhan meraih rekor Muri itu karena dirinya secara rutin menerbitkan majalah gardu Aspirasi (GARASI). Majalah ini berisikan informasi seputar kegiatan Ramadhan Pohan selaku anggota DPR dan juga kegiatannya kala menjalani reses di daerah pemilihan Jawa Timur VII.

Majalah GARASI itu diterbitkan setiap awal bulan. Dari anggota DPR yang ada di Senayan, MURI mencatat bahwa Ramadhan itulah satu-satunya anggota parlemen yang menerbitkan majalah seperti itu.

Majalah GARASI itu sendiri dianggap MURI, selain yang memberitakan seputar kegiatan Ramadhan Pohan di parlemen dan konstituennya, juga berisikan informasi tentang kegiatan di Komisi I dan juga pertemuan-pertemuan yang berkaitan dengan keparlemenan lainnya. 

Majalah GARASI itu sendiri memang sengaja diterbitkan Ramadhan sebagai penampung aspirasi masyarakat terhadap dirinya sebagai anggota DPR. "Jadi dalam GARASI itulah seluruh aspirasi dari masyarakat bisa ditampung," tegas Ramadhan Pohan ketika dikonfirmasi Minggu (22/01/2011).

Mulanya, majalah GARASI ini kali pertama diluncurkan tanggal 29 Oktober 2009. Majalah ini memang sengaja diterbitkan dengan harapan mampu menjadi jendela bagi masyarakat untuk melihat aktivitas DPR RI dalam kesehariannya.

"Saya merasa tersanjung atas penghargaan ini dan sekaligus merasa terpanggil untuk terus berjuang menyampaikan aspirasi masyarakat. Semoga rekor ini menjadi titik awal bagi upaya saya bersama tim untuk menjaga transparansi kerja dan membuka pintu yang seluas-luasnya bagi aspirasi masyarakat," ujar Ramadhan.

Menariknya, penghargaan rekor MURI ini bukan yang pertama kalinya diterima Ramadhan Pohan. 17 Februari 2010 lalu, Ramadhan juga mendapatkan rekor MURI dari karena tercatat sebagai anggota parlemen pertama yang memiliki website berisi informasi mengenai aktivitas keparlemenan setiap hari. Saat itu Jaya Suprana yang langsung menyerahkan piagam penghargaan rekor MURI tersebut kepada Ramadhan Pohan secara langsung. [tur/kun]

Sumber Ilustrasi Foto : google.com

Diberdayakan oleh Blogger.