BMKG : Waspadai Cuaca Exstrem di Jatim

SURABAYA | SURYA Online - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya, meminta semua warga di Provinsi Jatim untuk terus mewaspadai adanya cuaca ekstrem bersamaan dengan musim hujan yang terjadi selama Januari ini.
Prakirawan BMKG Juanda, Ahmad Rofiul Huda, Selasa (25/1/2011) memperkirakan, hujan dengan intensitas ringan-sedang terjadi hampir di seluruh daerah di Jawa Timur, selama dua hari mendatang.
“Sebagian besar daerah di Jatim berpotensi hujan. Tentunya peluang terjadinya cuaca ekstrem berupa badai juga terjadi, khususnya Jatim bagian selatan,” paparnya.
Menurut dia, potensi hujan tersebut dikarenakan adanya tekanan rendah di wilayah Jawa Timur bagian Selatan. Sedangkan distribusi uap air atau kelembaban di sekitar Jawa Timur cukup tinggi, sehingga pembentukan awan hujan cukup signifikan.
Hal ini menyebabkan keadaan cuaca di daerah Jawa Timur untuk dua hari kedepan umumnya berawan hujan. Angin umumnya dari arah Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 05-45 km/jam dengan suhu udara berkisar antara 18-33 derajat celcius.
Berdasarkan data BMKG Juanda Surabaya menyebutkan, daerah Jawa Timur wilayah Madura (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep) dan Bawean cuaca umumnya berawan-hujan. Peluang hujan diperkirakan dapat terjadi pada siang, sore, malam maupun dini hari dengan intensitas ringan.
Daerah Jawa Timur wilayah Utara dan Utara Tengah (Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, dan Situbondo) cuaca umumnya berawan-hujan. Peluang hujan diperkirakan dapat terjadi pada pagi, siang, sore, malam dengan intensitas ringan.
Untuk Jawa Timur wilayah Tengah (Ngawi, Magetan, Ponorogo, Madiun, Nganjuk, Kediri, Jombang, dan Mojokerto, Bondowoso, dan Bojonegoro), cuaca umumnya berawan-hujan. Peluang hujan diperkirakan dapat terjadi pada siang, sore, malam, dini hari dengan intensitas ringan sampai sedang.
Daerah Jawa Timur wilayah Selatan dan Selatan Tengah (Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi), cuaca umumnya berawan-hujan. Peluang hujan diperkirakan dapat terjadi pada sore, malam, dini hari dengan intensitas ringan sampai sedang.
Adapun cuaca di daerah Surabaya dan sekitarnya untuk tujuh hari kedepan umumnya berawan hujan. Angin Umumnya dari arah Barat - Barat laut dengan kecepatan 05 - 45 km/jam, suhu udara berkisar antara 22 - 33 derajat celcius
Sumber : Surya.co.id
Sumber Ilustrasi Foto : google.com

Diberdayakan oleh Blogger.