Pengunjung Telaga Sarangan Naik 400 Persen

Jumlah pengunjung objek wisata di kawasan lereng Gunung Lawu, Telaga Sarangan, di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada libur Tahun Baru 2011 mencapai 12.000 orang per hari. Hari biasa pengunjung sekitar 3.000 orang

Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pos Retribusi Telaga Sarangan, Darmanto, Sabtu, mengatakan, jumlah tersebut tercatat sejak dua hari terakhir, yakni sehari menjelang pergantian tahun, dan hari pertama pada 2011.

"Hingga Jumat (31/12) sore, tercatat sudah ada 10.000 pengunjung yang mendatangi objek wisata Telaga Sarangan. Jumlah ini terus bertambah hingga Jumat malam jelang pergantian tahun 2010 ke tahun 2011, karena di lokasi ini ada pesta kembang api," ujar dia.

Jumlah tersebut dipastikan terus bertambah. Tercatat di pos retribusi Telaga Sarangan, hingga Sabtu (1/1) siang, jumlah pengunjung telah mencapai lebih dari 12.000 orang.

Menurut dia, jumlah ini meningkat 5 hingga 10 persen dari tahun sebelumnya yang rata-rata mencapai 10.000 orang setiap harinya selama beberapa hari jelang tahun baru. "Sedangkan jumlah pengunjung Telaga Sarangan pada hari biasa di akhir pekan hanya mencapai 3.000 pengunjung saja. Jadi ada peningkatan yang cukup signifikan," kata Darmanto.

Peningkatan jumlah kunjungan ini, lanjutnya, dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di antaranya, liburan tahun baru yang bertepatan dengan akhir pekan sehingga terdapat libur dua hari dan liburan sekolah anak-anak. Banyak keluarga yang membawa anak-anaknya berlibur beberapa hari di Sarangan.
 
Sumber : Republika
Diberdayakan oleh Blogger.