Sempat Tersendat,Pasokan Air PDAM Kembali Normal

MAGETAN-Pasca jebolnya 11 titik pipa jaringan utama PDAM Magetan,akibat pohon tumbang,pasokan air bersih kepada pelanggan kembali normal.'Sekarang sudah lancar kembali.Walaupun proses perbaikan cukup sulit, tapi sudah menjadi komitmen kami untuk tidak menunda-nunda perbaikan,'terang Sofyan,Direktur Utama PDAM,kemarin(24/1).
 
Pasokan air bersih yang sempat tersendat itu diantaranya menimpa pelanggan di wilayah Kecamatan Sidorejo,Plaosan dan sebagian Panekan.Ini akibat kejadian amuk angin yang merobohkan sejumlah pohon besar di sepanjang jaringan pipa utama PDAM.
 
Pipa yang rusak tersebut,semua berada di lereng Gunung Lawu yang merupakan sumber utama pasokan bahan baku Perusda milik pemkab tersebut.'Medan pada kerusakan pipa sangat sulit.Sehingga,perbaikan butuh waktu dan jumlah titiknya cukup banyak,'jelas Sofyan.
Saat ini,di tengah anomali cuaca,PDAM menambah tim siaga bencana.Tim tersebut siap sewaktu-waktu melakukan perbaikan bilamana ada pipa jaringan utama yang rusak.Sehingga,pelanggan tidak terlalu lama mengalami kendala pasokan air bersih.'Setiap kerusakan,secepatnya harus ditangani.Paling lama,kami targetkan dua hari sudah harus rampung.Itupun kalau kerusakan berat,'jelas dia.
 
Sejauh ini,terang Sofyan,kawasan rawan bencana di lereng Gunung Lawu memang menjadi perhatian utama PDAM.Apalagi,saat ini,memang sedang musim penghujan. Hingga saat ini,jaringan pipa PDAM di kawasan Plaosan memang beberapa kali diterjang bencana.'Paling banyak kerusakan itu karena bencana tanah longsor dan pohon tumbang seperti yang baru saja terjadi,'ungkap dia.
 
Itulah sebabnya,Sofyan meminta kepada unit-unit di daerah rawan bencana untuk rajin melakukan pemantauan terhadap jaringan pipa primer di titik-titik bahaya. 'Dengan sering dipantau maka kerusakan bisa segera diantisipasi,'tegasnya.(rif/eba)

Sumber Ilustrasi Foto : google.com

Diberdayakan oleh Blogger.