Sistem Unas Berubah,Sekolah Di-Warning


MAGETAN-Ini warning Dinas Pendidikan(Dindik)Magetan terkait semakin dekatnya pelaksanaan ujian nasional (unas)tingkat SMP dan SMA sederajat.Apalagi,ada perubahan sistem unas 2010/2011 dibanding tahun ajaran 2009/2010.'Unas yang akan datang kan tidak ada ujian ulang.Jadi tanggung jawab sekolah dan guru terkait kelulusan atau keberhasilan anak didik semakin besar,'ujar Kepala Dindik Bambang Trianto kepada koran ini kemarin(19/1). 
Dia mengatakan,ada dua faktor utama kelulusan unas. Yakni,nilai mata pelajaran yang di-unas-kan dan nilai rapor serta ujian sehari-hari.'Jika salah satu dari faktor tersebut nilainya jelek,ya siswa tidak lulus,' ungkap Bambang.
Karena itu,dia berharap,sekolah dan guru tidak hanya fokus pada mata pelajaran yang di-unas-kan.Sebab, tingkat keberhasilan kegiatan belajar mengajar juga ditentukan dari ujian sehari-hari. 
'Perbandingannya enam puluh persen unas dan empat puluh persen ujian sekolah atau nilai harian. Sehingga,antara unas dan keseharian itu saling bergantung dan tidak bisa dipisah-pisahkan,' terangnya.
Terkait try out menghadapi unas,Bambang menyerahkan kepada sekolah.Paling tidak,setiap sekolah menggelar tiga kali try out sebelum pelaksanaan unas.'Dari pelatihan,bisa diketahui kesiapan siswa.Sehingga, ditemukan kekurangannya dan dilakukan pembenahan.'
Selain itu,sekolah dan guru juga diminta untuk tidak main-main dengan nilai ujian lokal atau nilai dalam rapor anak didik.Yang terpenting dalam keberhasilan anak didik adalah bagaimana mempersiapkan siswa,baik menghadapi unas maupun ujian lokal. 
Untuk siswa,Bambang menghimbau tidak menggampangkan sistem penilaian kelulusan ini.'Yang terpenting, persiapan mental dan sering berlatih soal-soal ujian,'jelas dia.
Kepada orang tua atau wali murid juga diimbau untuk tidak menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak kepada sekolah.'Lingkungan juga harus mendukung.Karena,anak lebih banyak berinteraksi dengan lingkungan sekitar daripada di sekolah,'ujar Bambang.(rif/sad)

Sumber Ilustrasi Foto : google.com

Diberdayakan oleh Blogger.