Diguyur Hujan, Plengsengan Jembatan Ambrol

Akibat guyuran hujan deras yang menguyur wilayah Dusun Glodok, Kelurahan/Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, sejak sore hingga dini hari, membuat jembatan Jembatan yang menjadi penghubung Madiun-Solo KM 12 di desa tersebut ambrol.

Warga setempat, Sumardi, mengatakan, jembatan tersebut ambrol pada sekitar 02.00 dini hari tadi. Sehingga jembatan yang sebelumnya sudah retak dan berlubang ini akhirnya roboh setelah tergerus air hujan.
"Sejak sore hingga dini hari tadi hujan deras tidak ada hentinya. Jadi ada kemungkinan, plengsengan tidak kuat menahan derasnya hujan, yang mengerus bagian dalam plengsengan," ujarnya, Minggu (24/4/2011).

Sumardi menambahkan, plengsengan yang ambrol tersebut diperkirakan sepanjang 10 meter dengan lebar lima meter dan tinggi sekitar 20 meter. Plengsengan yang ambrol itu berada di ujung sebelah Utara jembatan.

Meski tidak ada korban jiwa, adanya hal ini membuat arus lalu lintas utama penghubung Madiun-Ngawi-Solo. Hal ini membuat pihak aparat kepolisian memansang garis polisi dan beberapa anggota untuk mengatur arus lalu-lintas.

"Kita sudah terjunkan empat personil, dua dari Polres dan dua lagi dari Polsek Karangrejo untuk mengamankan dan mengatur lalu lintas. Jalur di sepanjang plengsengan yang longsor diberlakukan buka tutup, agar pengguna jalan aman. Karena kami khawatir jika dibuka dua jalur, jembatan tidak kuat menahan beban di atasnya," kata, KBO Lalu Lintas Polres Magetan, Ipda Munir.

Ipda Munir mengatakan, Kapolres Magetan secara tertulis sudah berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Jawa Timur di Madiun. Sambil menunggu perbaikan dari dinas terkait, pihaknya akan terus menempatkan personil di lokasi kejadian.

Hingga kini belum ada satupun petugas dari dinas terkait yang datang ke lokasi kejadian. Sementara itu, untuk menghindari jatuhnya korban, aparat kepolisian menutup separuh jembatan dengan memasang garis polisi di sepanjang jembatan penghubung Kabupaten Magetan dan Kabupaten Ngawi ini. [rdk/kun]

Sumber ilustrasi Foto : Google.com

Diberdayakan oleh Blogger.