Nasi Kelinci, Hangatkan Tubuh di Cuaca Dingin

Jika Anda mengunjungi Kota Magetan, Jawa Timur, jangan lupa ke Desa Terong. Di sana Anda bisa menemui warung makan Bu Tumplek yang menyediakan daging kelinci. Setiap hari, warung berdinding bilik tersebut dipadati pengunjung yang umumnya mahasiswa.

Karena penikmat masakan Bu Tumplek kebanyakan mahasiswa, harga makanan per porsinya pun murah. Cukup merogoh kocek Rp 5.000 sudah bisa menyantap nasi, daging, plus lalapan dan sambal. Bagaimana rasanya? "Manis dan asinnya pas," ujar seorang pelanggan.


Tak ada bumbu khusus dalam pembuatan kelinci goreng. Daging dibaluri campuran kunyit, cabai, bawang, jahe, dan kemiri. Agar tidak bau amis, tambahkan air jeruk. Selanjutnya diamkan rendaman bumbu halus dan daging. Jika sudah cukup meresap, barulah daging digoreng di minyak panas.


Setiap harinya Bu Tumplek menyembelih 15-20 ekor kelinci. Ini diukur berdasarkan jumlah pelanggan yang mampir di warungnya. Konon, daging kelinci mempunyai efek panas pada tubuh. Makanan tersebut memang cocok dikonsumsi bila anda ke Magetan yang berkontur pegunungan.(OMI/ANS)

Dikirim : roedy.anto@ymail.com
Sumber : Liputan6.com

Diberdayakan oleh Blogger.