Pecarian Besar-Besaran Dilakukan Tiga Hari

Setelah sempat terhenti selama beberapa hari karena faktor cuaca dan izin dari polres Magetan, kini pencarian terhadap Otok Supriyanto (27) sudah dimulai kembali .

Pencarian ini akan dilakukan selama tiga hari dengan melibatkan puluhan anggota gabungan.

"Kemarin memang sempat terhenti karena faktor cuaca. Tapi sejak pagi tadi pencarian sudah kita mulai kembali dan kami juga sudah mendapatkan permintaan bantuan dari polres Magetan," ujar Korlap SAR Magetan, Nur Syarifudin, Selasa (5/4/2011).

Nur Syarifudin mengatakan, berdasarkan kesepakatan dengan pihak Polres Magetan, pencarian ini akan dilakukan selama tiga hari. Namun jika keberadaan Otok belum ditemukan pecarian masih bisa diperpanjang.

"Pencarian bisa terus dilakukan jika Otok belum ditemukan. Namun hal itu bisa dilakukan jika cuaca memang menungkinkan untuk dilakukan pencarian seperti saat ini yang angin tidak tidak terlalu keras dan kabut juga tidak tebal," jelasnya.

Pencarian besar-besaran ini melibatkan personil dari Tim SAR Magetan, Satuan Petugas Tanggap Bencana (Tagana) Magetan, dan komunitas pecinta alam, pihak perhutani sebagai pemilik kawasan serta Anak Gunung Lawu (AGL).

Kapolres Magetan AKBP Awi Setiyono, membenarkan, jika pencarian terhadap Otok sudah dimulai kembali dengan melibatkan berbagai instansi. Pihaknya juga sudah menerima laporan resmi dari keluarga Otok pada Kamis (31/3/2011) lalu.

"Pencarian sudah dimulai. Tapi dari laporan yang saya terima hingga saat ini kami masih belum mendapatkan tanda-tanda keberadaan Otok yang hilang sejak Senin (28/3/2011) kemarin di Gunung Lawu," ungkapnya.

Hingga saat ini, lanjut AKBP Awi, pihaknya sudah menyisir sejumlah titik di jalur pendakian yang sering dilewati oleh pendaki. Selain itu tim penyelamat juga sudah memencari di sembilan titik di sekitar puncak yang sering digunakan untuk ritual.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Otok Supriyato (27), yang merupakan warga Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dinyatakan hilang di Gunung Lawu sejak Senin (28/3/2011) kemarin, setelah melakukan pendakian pada Jumat (25/3/2011).[rdk/ted]

Sumber Ilustrasi Foto : Google.com

Diberdayakan oleh Blogger.