Longsor Terjang Gonggang dan Genilangit

Sejumlah Rumah dan Pagar Sekolah Rusak
MAGETAN-Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Magetan dalam beberapa hari terakhir membawa bencana. Akibatnya,di Desa Genilangit dan Gonggang,Kecamatan Poncol terjadi tanah longsor.Sejumlah bangunan rusak. Terparah di Desa Gonggang,lima bangunan rusak. Sedangkan di Genilangit,tanah longsor mengakibatkan dua rumah warga dan tembok pagar sekolah rusak cukup parah. 

Tidak hanya itu,bencana tanah longsor di areal Perhutani Lawu Ds itu juga merusakkan pipa saluran air minum milik warga sekitar.''Waktu itu,saya sedang salat duhur.Begitu selesai salat,tiba-tiba ada suara bergemuruh di belakang rumah,''kata Nasrudin,warga Genilangit,yang berbatasan dengan Jawa Tengah,kemarin (2/5).

Setelah suara gemuruh itu mereda,Nasrudin lantas mengecek asal suara tersebut.Tidak disangka,tebing di belakang rumahnya ternyata ambrol.Kira-kira sepanjang 25 meter.Tanah longsor itu menimpa musala di belakang rumahnya.Akibatnya,atap dan genting tempat ibadah tersebut rusak.Bahkan,rumah di kanan kiri musala itu juga terancam.''Saya sampai takut dengan suara gemuruh itu,''ujar Nasrudin.

Berdasarkan data Pemerintah Kecamatan Poncol,bencana tanah longsor di desa Gonggang menimpa rumah milik Sarno,60,warga RT 4/RW 01.Rumah ini roboh lantaran tertimbun sebagian material tanah tebing.Kerusakan rumah itu sekitar 5x6 meter persegi.
Tanah longsor juga menimpa kediaman Suratmi,30,warga Gonggang RT 6/RW 01.Teras dan halamannya tertimbun material tanah yang ambrol di depan rumahnya.Bencana yang sama juga menimpa keluarga Sunu yang tembok samping rumahnya juga tergerus tanah longsor.

Warga lain yang menjadi korban adalah Juari,55,warga RT 5/RW 01.Rumah Juari,tepatnya di bagian belakang, amblas dan temboknya retak-retak.Selain itu,teras dan halaman rumah Samsu,warga Gonggang RT 32/RW 04 juga tertimpa bencana.

Sedangkan bencana tanah longsor di Genilangit menimpa Sujio,40,warga RT 6/RW 01.Ini setelah talud pagar rumahnya roboh.Kemudian,kerusakan talud pagar juga menimpa Darmo,60,warga Genilangit RT 5/RW 01. 

Tidak hanya itu,pagar SD Negeri setempat juga rusak parah.Beruntung,tidak ada korban jiwa dalam bencana di Gonggang serta Genilangit,Minggu(1/5)kemarin.Ditaksir kerugian akibat kejadian tersebut mencapai puluhan juta rupiah.''Saya sampai takut.Wong suaranya bergemuruh,''ujar Suratmi,warga Gonggang yang teras dan halaman rumahnya tertimbun tanah lonsgor.(rif/sat) 

Sumber Ilustrasi Foto : Google.com

Diberdayakan oleh Blogger.