Berburu Emas di Bengawan Madiun

Warga Madiun dan sekitarnya mulai berburu emas yang diduga banyak terdapat di dalam sungai Bengawan Madiun yang ada di Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Mereka rata-rata bisa mendapatkan emas seberat satu hingga empat gram per hari.

Salah satu pendulang emas, Sugito asal Magetan, mengatakan, ia sudah berulang kali mengadu peruntungannya dengan mencari emas di sungai bengawan Madiun ini. Dalam mencari butiran emas, ia hanya mengunakan wadah yang berbentu mirip seperti pirang dengan diameter kurang lebih 30 centimeter.

"Saya hampir setiap hari mencari emas disini. Karena hasilnya lumanyan mas bisa dapat emas satu gram lebih perhari. Bahkan dulu saya pernah dalam sehari dapat lima gram butiran emas," ujar Sugito, Kamis (9/6/2011).

Senada dengan Sugito, Sumantri warga setempat, juga sering ikut mencari emas di sungai yang bersatu dengan dengan Bengawan Solo di Ngawi ini. Bahkan ia juga bernah mendapatkan emas yang sudah dalam bentuk perhiasan cincin dengan berat lebih dari empat gram.

"Kemarin saya dapat cincin disini (di dalam sungai) terkubur di dalam sungai dan bercampur dengan pasir dan batu-batuan yang ada dalam sungai," kata Mantri.

Dalam mencari emas di sungai Bengawan Madiun, para pendulang emas ini juga sering mendapatkan kesulitan. Mulai dari kecilnya butiran emas serta derasnya aliran sungai yang memiliki lebar lebih dari 20 meter ini.

Emas yang mereka temukan ini, mereka jual kepada pengepul emas yang ada di Magetan dengan harga yang bervariasi. Tergantung pada kualitas emas serta berat dari emas. "Saya jual ke bos. Hasilnya lumayan bisa sampai beberapa ratus ribu rupiah," pungkas Mantri. [rdk/but]

Sumber Ilustrasi Foto : Google.com

Diberdayakan oleh Blogger.