Gara-Gara Korsleting Colokan Rice Cooker Dapur Ludes

MAGETAN-Diduga lantaran terjadi korsleting pada stop kontak rice cooker(penanak nasi elektrik)dapur di rumah Suparno,80,ludes dilalap si jago merah dini hari kemarin(7/6).Akibat peristiwa yang terjadi sekitar pukul 00.30 itu,warga RT 24/RW 4 Dusun Pait,Desa Buluharjo,Kecamatan Plaosan,Magetan,ini mengalami kerugian material lebih dari Rp8juta.

Sadin,53,tetangga sebelah rumah Suparno,mengatakan kebakaran tersebut bermula muncul api dari dapur Suparno yang terbuat dari gedek (dinding anayaman bambu).''Api itu langsung membesar.Yang mula-mula tahu ya warga.Pemilik rumahnya malah masih tidur,''kata Sadin kemarin.

Mengetahui api kian membesar,dia bersama warga lainnya langsung berupaya memadamkan api dengan menyemprotkan air dari selang seadanya.Ada juga yang mengguyur air dengan ember.Waktu itu,kata dia,ratusan warga berupaya memadamkan api tersebut.Namun,api baru benar-benar bisa dijinakkan sekitar satu jam kemudian.Persis sebelum mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi.

Dia menduga,api berasal dari sekitar meja makan Suparno.Di meja tersebut ada rice cooker.''Biasanya rice cooker dicabut setelah selesai masak.Kami menduga itu karena stop kontaknya korslet.Karena di bagian lain rumah Mbah No(Suparno,Red.)stop kontaknya rata-rata juga sudah menghitam,''terang Sadin.

Kardi,63,warga lainnya,juga menduga api berasal dari stop kontak dan langsung menyambar dinding gedek dapur.''Untung saja semalam itu tidak ada angin. Karena konstruksi dapur Mbah No ini kalau tidak gedek ya kayu.Berbeda dengan ruang tamunya yang sudah ditembok,''tegasnya.

Sementara Mbah No,hingga pagi kemarin belum bisa diajak komunikasi.Kakek malang ini terlihat syok melihat dapurnya yang ludes dalam tempo singkat.Di rumah itu,dia hanya tinggal bersama satu cucunya Mu’alim Abadi,18. 

Hingga siang kemarin,puluhan tetangga Mbah No tampak sibuk membenahi kondisi atap rumah kakek malang itu yang ambrol diamuk api.Beberapa material seperti kayu hingga genteng tambahan pun didapat dari bantuan warga sekitar.(wka/sat)

Sumber Ilustrasi Foto : Google.com

Diberdayakan oleh Blogger.