Poin Tambahan Siswa Berprestasi

Dalam PPDB SMP dan SMA
MAGETAN-Dinas Pendidikan(Dindik)Magetan mengapresiasi pelajar berprestasi.Itu ditunjukkan dengan penambahan poin khusus pada saat pendafataran peserta didik baru (PPDB)SMP dan SMA sederajat.''Poin tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada anak berprestasi,''ujar Kepala Dindik Bambang Trianto kemarin(27/6).

Prestasi yang diakui,terang Bambang,adalah perlombaan atau kejuaraan yang berjenjang dan diselenggarakan pemerintah.Di luar itu,prestasinya tidak bisa mendongkrak nilai ujian nasional dalam pendaftaran sekolah.''Jadi,even atau lomba yang bisa menambah poin itu tidak sembarangan.Agar lebih jelas,nanti sekolah bisa konsultasi ke dinas,''ungkapnya.

Bambang mencontohkan,Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)atau Pekan Olahraga Pelajar Daerah(Popda)maupun Pekan Olahraga Kabupaten(Porkab)dan Pekan Olahraga Provinsi(Porprov)hingga level nasional.

Dia mengatakan,untuk juara kecamatan mendapatkan tambahan poin satu.Kemudian,kabupaten ditambah dua, untuk provinsi tiga dan prestasi nasional nilainya empat.''Kalau prestasi internasional lima poin,'' papar dia.

Dia mencontohkan,lulusan SMP dengan nilai akhir 30.00. Karena yang bersangkutan berprestasi di O2SN di kabupaten lalu dikirim ke Jawa Timur,maka dapat tambahan poin dua.Yakni,dari nilai akhir 30 dan ditambah dua menjadi 32.00.''Pedoman itulah yang digunakan sekolah,''jelas dia.

Selain itu,Bambang mengingatkan kepada orang tua atau wali murid agar benar-benar mencermati pilihan sekolah.Sebab,nantinya PPDB yang dimulai tanggal 1-5 Juli 2011 ini akan menggunakan sistem terbuka.''Jadi, jangan asal pilih sekolah.Saran saya,pilih sekolah sesuai dengan nilai.''

Khusus kepada sekolah,Bambang mewanti-wanti agar tidak melanggar edaran yang sudah disepakati.Termasuk masalah pagu sekolah.''Selama pendaftaran hingga pengumuman,kami menerjunkan tim pengawas,''jelasnya. (rif/sat)

Sumber : Radar Madiun
Sumber Ilustrasi Foto : google


Diberdayakan oleh Blogger.