TNI AU Kembali 'Rebut' Lanud Iswahjudi

Satuan tugas Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (diperankan Batalyon 463 Paskhas) berhasil merebut kembali Pangkalan Udara Iswahjudi Madiun, yang telah dikuasai musuh dengan kekuatan dua kompi pasukan.

Itulah akhir dari skenario latihan Hardha Marutha II dalam Operasi Perebutan Pertahanan Pangkalan Udara (OP3U) yang merupakan latihan puncak Wing II Paskhas yang dipusatkan di Batalyon 463 Paskhas Madiun, dengan lokasi latihan didaerah Magetan dan Lanud Iswahjudi.

Latihan dilaksanakan selama tiga hari, bertindak sebagai pimpinan latihan adalah Komandan Wing II Paskhas, Kolonel Psk Budi Sumarsono, sedangkan Komandan Batalyon 463 Paskhas, Mayor Psk Rossen L Sinaga, dipercaya menjabat sebagai Komandan Satuan Tugas (Satgas) Paskhas.

Latihan Hardha Marutha II merupakan latihan puncak jajaran Wing II Paskhas yang melibatkan pasukan dari Batalyon 463 Paskhas Madiun, Batalyon 464 Malang, Batalyon 466 Paskhas Makassar dan Batalyon 468 Biak.

Latihan diawali dengan melaksanakan penerjunan pasukan dengan Dropping Zone (DZ) daerah Bangunsari Magetan, selanjutnya bergerak maju menuju sasaran, guna melaksanakan serangan Batalyon, Kompi, Peleton dengan melaksanakan pertempuran perjumpaan, anti penghadangan, penyergapan bivak, fungsi pungdahmah serta melaksanakan patroli malam dan patroli keamanan.

Adapun puncak dari latihan Hardha Marutha II adalah melaksanakan operasi perebutan cepat, dan operasi pertahanan Pangkalan Udara Lanud Iswahjudi, dengan menggelar pertahanan udara titik dan operasi SAR tempur.

Pada upacara penutupan latihan Komandan Wing II Paskhas Kolonel Psk Budi Sumarsono, mengatakan bahwa latihan Hardha Marutha II TA. 2011 bertujuan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan tempur satuan jajaran Wing II Paskhas. 

"Latihan ini juga berfungsi untuk menguji doktrin, juknis maupun protap dan sistem komando yang mempunyai muara tercapainya tingkat profesionalisme prajurit serta kesiapan satuan jajaran Wing II Paskhas," kata Kolonel Budi Sumarsono dalam rilisnya uang dikirim ke beritajatim.com, Senin (06/06/2011).

Di akhir sambutannya Komandan Wing II Paskhas menekankan kepada seluruh satuan jajaran Wing II Paskhas untuk lebih meningkatkan pola pembinaan di satuan masing-masing.   Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan cita-cita jajaran satuan Paskhas khususnya Wing II Paskhas yaitu 'Be The First Class Air Force'. [ted]


Diberdayakan oleh Blogger.