Baru Dua Hari, Pendaftaran SMK Tembus Ratusan

MAGETAN-Antusiasme pelajar lulusan SMP sederajat melanjutkan pendidikan ke jenjang SMK ternyata cukup tinggi.Buktinya,hingga hari kedua penerimaan peserta didik baru(PPDB)Magetan tahun 2011,pada Sabtu lalu (2/7),sekolah kejuruan diserbu calon siswa. 

SMK Negeri Bendo misalnya,sampai dengan penutupan PPDB hari kedua,jumlah formulir yang keluar mencapai lebih dari 450.Sedangkan pagu yang ditetapkan Dinas Pendidikan(dindik)sebesar 15 rombongan belajar (rombel)atau sekitar 480 anak saja. 

''Kami tetap persilakan orang tua atau calon siswa untuk mengambil formulir hingga hari terakhir.Tapi, melihat jumlah formulir yang keluar sampai hari ini (kemarin,red),persaingan memang akan ketat,''terang kepala SMK Negeri Bendo,Eko Supriyatno.

Dia memprediksi,pendaftar SMK Negeri Bendo masih terus bertambah.Karena itu,pihaknya akan melakukan seleksi ketat.Sehingga,calon siswa atau orang tua segera bisa mencari sekolah lain.''Kami prediksi,formulir yang keluar bisa mencapai enam ratusan.Nanti kami seleksi untuk diterima sesuai rombel dari dindik,''jelas Eko.

Tingginya minta pelajar sekolah di SMK juga bisa dilihat di SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Magetan.Juga di SMK Negeri Takeran,sudah banyak formulir PPDB tahun 2011 yang keluar.''Rata-rata,untuk SMK memang cukup bagus peminatnya.Belum yang ke SMK swasta,''ungkap Eko.

Kepadatan pendaftar juga terlihat di SMA Negeri Karas. Meski sekolah ini sempat muncul isu akan ditutup,akan tetapi hingga penutupan PPDB hari kedua,jumlah formulir yang keluar sudah mencapai 240-an.Padahal, kuota atau pagu dari dindik sebanyak tujuh rombel atau sebanyak 224 kursi saja.

''Memang,awalnya ada isu sekolah ini akan ditutup karena persoalan tanahnya belum klir.Tapi,kami terus melakukan sosialisasi dan akhirnya tetap dipercaya masyarakat.Karena sampai hari ini(kemarin,red)jumlah yang mendaftar sudah mencapai kuota,''terang Kepala SMA Negeri Karas,Widodo.

Sementara itu,SMA Negeri 1 dan SMA Negeri Maospati yang berstatur rintisian sekolah berstandar internasional(RSBI)sudah menyelesaikan PPDB.''Kalau yang RSBI sudah selesai pendaftarannya,''terang Kepala Dindik Bambang Trianto.(rif/isd) 

Sumber : Radar Madiun
Diberdayakan oleh Blogger.