Cegah Banjir, DPU Bangun Gorong - Gorong Baru

MAGETAN-Secara geografis Kota Magetan berada di wilayah dataran tinggi,tepatnya di lereng gunung Lawu. Namun posisi ini ternyata tidak menjamin Kota Magetan bebas banjir atau genang air saat musim penghujan. 

Untuk mencegah kondisi ini terjadi pada musim rendeng mendatang,Dinas Pekerjaan Umum(DPU)Magetan melakukan pembenahan saluran air di jalan protokol.Diharapkan, dengan pembenahan ini tidak ada lagi air hujan yang meluber ke jalan raya.

''Pantauan kami pada musim penghujan lalu,beberapa jalur protokol memang tergenang.Solusinya,pembenahan saluran air pada titik-titik jalan yang rawan tergenang,''ujar Kepala DPU Magetan Bambang Setiawan kemarin(6/7). 

Pembenahan gorong-gorong atau saluran air tersebut terlihat di Jalan Samudera Carat,Jalan Mayjen Sungkono (Pasar Sayur ke utara),Jalan A Yani,Jalan Jakgung Suprapto dan beberapa ruas jalan lain protokol lainnya.''Pembenahan ini sebagai antisipasi.Sehingga, musim penghujan nanti air hujan lancar masuk ke saluran,''kata Bambang.

Tidak hanya itu,DPU juga membangun gorong-gorong baru di timur alun-alun Magetan.Sebab,di kawasan kantor Pemkab Magetan tersebut sering terjadi genangan air, meski hujan tidak deras.''Yang di timur alun-alun itu saluran baru.Sebab,arus air hujan sangat deras dan sering menggenangi jalan,''ungkapnya.

Bambang menambahkan,pihaknya berkomitmen mengatasi genangan di jalan raya akibat air hujan.Sebab,bila dibiarkan akan membahayakan pengguna jalan.''Luberan air hujan ke jalan raya pada musim penghujan kelak akan terus kami pantau,''papar dia.

Dia menuturkan,akibat panjangnya musim penghujan tahun lalu,pihaknya juga ekstra keras membenahi jalan berlubang di sejumlah ruas.Di antaranya,bersama DPU Bina Marga Jawa Timur,membenahi jalur Sukomoro-Magetan.Saat ini,tengah dilakukan dengan cara menambal jalan yang berlubang.(rif/sat)

Sumber : Radar Madiun
Sumber Ilustrasi Foto : Google

Diberdayakan oleh Blogger.