Dijatah 100 KK Transmigran ke Kaltim

MAGETAN-Di tengah kian menyempitnya kepemilikan lahan di Magetan,transmigrasi ke luar pulau Jawa menjadi salah satu solusinya.Ini terus dilakukan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi(Dinsosnakertrans) setempat.Upaya ini,juga sebagai salah satu cara untuk mengurangi angka kemiskinan. 

Kepala Dinsosnakertrans Magetan,Parni Hadi mengatakan tahun 2011 ini pihaknya bakal mengirimkan 100 transmigran ke Kabupaten Bulungan,Kalimantan Timur. ''Di tempat baru tersebut,transmigran akan mendapatkan jatah tanah dan bantuan di tiga bulan pertama,'' katanya kemarin(6/7).

Rencana pengiriman 100 kepala keluarga(KK)transmigran ini merupakan bentuk kerja sama Pemkab Magetan, Pemprov Jawa Timur dan Pemprov Kalimantan Timur. ''Angka seratus KK transmigran ini sangat besar. Sebab,biasanya di bawah lima puluh,''ujar Parni.

Pihaknya berencana akan menyosialisasikan pemberangkatan transmigran ke Bulungan kepada warga di wilayah Kecamatan Parang,Lembeyan,Poncol,Panekan dan Plaosan.''Kami berharap,kuota seratus KK itu bisa terpenuhi.''
Para transmigran tersebut informasinya akan mendapatkan jatah lahan seluas dua hektare.Juga akan mendapat bantuan atau insentif dari pemkab dan pemprov.''Tapi,bantuan itu akan dikelola Pemkab Bulungan.''

Tidak hanya itu,pihaknya juga akan menggelar pelatihan sebelum keberangkatan trasmigran asal Magetan ke Bulungan.''Sehingga,warga sudah bisa memahami kultur dan karakteristik di daerah barunya nanti,''jelas Parni.

Sebelumnya,tim Dinsosnakertran juga meninjau lokasi yang bakal ditempati para transmigran asal Magetan tersebut.''Kami berusaha mencarikan tempat terbaik. Sehingga,dengan jatah lahan yang diberikan,warga Magetan yang merantau itu bisa bekerja maksimal,'' ujarnya.(rif/sat) 

Sumber : Radar Madiun
Sumber Ilustrasi Foto : Google

Diberdayakan oleh Blogger.