DPD PDIP Jatim Targetkan Menang 11 Pilkada

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur menargetkan menang di 11 dari 19 pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang digelar pada 2012 hingga 2013.

Hal itu dikatakan H Sirmadji Tjondropragolo Ketua DPD Jatim di sela-sela rapat koordinasi Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga di Sekretariat DPD Jatim, Jl Kendangsari Industri 57, Surabaya, Minggu (3/7/2011).

“Dari 19 Pilkada 2012 dan 2013, kami menargetkan menang di 11 kabupaten dan kota. Itu hasil evaluasi dan pemetaan hingga hari ini. Tapi, bisa jadi target bertambah seiring perjalanan waktu,” kata Sirmadji seperti dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Sebelas Pilkada yang ditarget menang kebanyakan adalah kabupaten dan kota yang saat ini dipimpin kepala daerah dari PDIP. Beberapa daerah lainnya adalah kabupaten atau kota yang tidak dijabat kepala dari PDIP, tetapi potensial untuk dimenangkan.

Saat ini, jelas Sirmadji, ada 9 daerah tingkat dua --5 kabupaten dan 4 kota-- dipimpin kepala daerah dari PDIP yang akan menggelar pilkada 2012-2013. Antaralain Kabupaten Magetan, Nganjuk, Jombang, Tulungagung, dan Kabupaten Pasuruan. Berikutnya, Kota Malang, Kota Probolinggo, Mojokerto, dan Kota Batu. “Ini yang akan kita pertahankan dalam pilkada mendatang,” kata pria yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Selain kabupaten dan kota tersebut, ada 2 daerah tingkat dua yang tidak dipimpin kepala daerah dari PDIP namun menjadi target pemenangan partai. Sirmadji menyebut, “Kabupaten Madiun dan Kota Kediri.”

Pada kesempatan itu Sirmadji kembali menegaskan jika target menang di 11 Pilkada dalam rentang waktu 2 tahun mendatang adalah berdasarkan hasil evaluasi dan maping DPD hingga hari ini. “Dalam perjalanan menuju 2012 dan 2013, bisa jadi ada kabupaten atau kota yang kemudian berpotensi untuk memenangi pilkada. Kalau demikian kondisinya pada saatnya nanti, tentu saja target akan kita tambah,” katanya.

Sementara itu, Djarot Syaiful Hidayat Ketua Bidang Organisasi DPP PDIP menambahkan, untuk menjaring dan menyaring calon kepada daerah mendatang pihaknya membuka tempat pendaftaran tidak di satu tempat.

Pendaftaran kandidat bisa dilakukan tidak semata di DPC tempat digelarnya Pilkada. “Bisa juga melalui PAC, DPD, bahkan DPP untuk kemudian dikembalikan ke DPC. Pendaftaran dibuka dibanyak tempat untuk semakin menyehatkan proses penjaringan dan penyaringan calon yang akan diusung partai,” tandas Djarot.
Sebelumnya, mantan Walikota Blitar ini membuka acara rakor tersebut sekitar pukul 11.28 wib. Rakor dengan tema sosialisasi SK DPP PDI Perjuangan No 031-A/TAP/DPP/V/2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Penjaringan dan Penyaringan Calon Kepala dan atau Calon Wakil Kepala Daerah Tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi diikuti perwakilan pengurus dari 38 DPC se-Jatim. Sejumlah kepala daerah dari PDI Perjuangan hadir pada acara tersebut. Di antaranya Walikota Malang Peni Suparto, Wali Kota Mojokerto Abdul Ghani Suhartono, dan Wakil Bupati Magetan Samsi.(ipg) 
 
Diberdayakan oleh Blogger.