HIV Incar Ibu Rumah Tangga

Tahun 2010,Empat Penderita Meninggal
MAGETAN-Jumlah penderita HIV di Kabupaten Magetan terus bertambah.Seorang penderita lagi harus dirujuk ke RSU dr Soedono Kota Madiun setelah dinyatakan positif mengidap HIV kemarin(25/7).Dia adalah Sm, perempuan 35 tahun,warga Kecamatan Panekan,yang sebelumnya sempat dirawat di RSUD dr Sayidiman, Magetan.

''Penderita HIV setiap tahun ada peningkatan dan kemarin ada satu penderita lagi yang dirujuk ke RSU Soedono,''kata Kabid Pengendalian Penyaklit dan Penyehatan Lingkungan(P2PL)Dinas Kesehatan Magetan Nursalin,kemarin (26/7).

Menurut dia,perkembangan HIV di Kabupaten Magetan sangat cepat.Hingga saat ini total mencapai 80 orang dengan HIV/AIDS(ODHA).''Kebanyakan pasien HIV bekerja di luar Magetan seperti Jakarta dan luar negeri. Penyebab utamanya karena faktor ekonomi,''ungkapnya.

Sementara itu,Trisna Eka Setyawati,koordinator LSM Organisasi Odha Ohidha(OOO)Jatim,yang kemarin mendatangi Dinkes Magetan menuturkan jumlah ODHA di Magetan tahun 2010 mencapai 20 penderita,empat di antaranya meningal dunia dan dua di antaranya berusia masih anak-anak.

Sedangkan hingga semester pertama 2011 ini,jumlahnya sudah mencapai tujuh penderita.Trisna mengatakan, berdasarkan kajian WHO,jika penderita HIV di Magetan terdapat tujuh orang maka 700 lainnya rawan tertular dan belum ditemukan.''Kalau HIV itu seperti fenomena gunung es,yang di ketahui hanya sebagian kecil puncaknya,''ungkapnya.

Dia menambahkan berdasarkan hasil pantauannya di lapangan,penderita HIV kebanyakan ditemukan di masayarakat umum.Bukan hanya mereka yang berisiko tinggi seperti pekerja seks komersial(PKS).Tapi,dari berbagai profesi.Bahkan,berdasarkan datanya,jumlah penderita HIV di Magetan paling tingi ibu rumah tangga,dan pekerja swasta.''Kalau sekarang pepatahnya terbalik bopo polah anak kepradah,karena jika orang tunya terjangkit HIV anaknya mau sekolah saja sulit,'' ungkapnya.

Di lain pihak,salah seorang tenaga medis di ruang IRNA 2 RSUD dr Sayidiman Magetan mengatakan Sm sempat dirawat di ruang tersebut sejak Minggu(22/7).Menurut petugas yang menolak ditulis namanya ini,virus HIV sudah mulai menyerang paru-paru Sm.Akhirnya Sm dirujuk ke RSU dr Soedono Kota Madiun.''Langkah ini diambil untuk analisis lebih lengkap dan yang terbaik untuk pasien,''ungkapnya.(pra/sat)

Sumber : Radar madiun
Sumber Ilustrasi Foto: Google


Diberdayakan oleh Blogger.