Sekilo Tomat Kini Cuma Rp.2500

HARGA ANJLOK
MAGETAN-Menjelang bulan Ramadan,harga sayur mayur cenderung anjlok.Pun di Pasar Sayur Magetan,sejumlah komoditas sayuran,harganya perlahan-lahan berangsur-angsur turun.

Paling drastis,harga tomat yang kini hanya Rp2500 perkilogram.Padahal,sebelumnya,sempat menembus Rp7 ribu.''Mungkin cuaca yang sudah normal ini membuat harga tomat ikut normal,''kata Sukinah,salah seorang pedagang di Pasar Sayur Magetan,kemarin(17/7).

Selain tomat,sejumlah komoditas sayuran asli Magetan lainnya juga turun.Kubis misalnya.Jika sebelumnya dijual pada kisaran Rp3ribu perkilogram,sekarang ini turun Rp500 menjadi Rp2500.

Sedangkan wortel perkilonya saat ini Rp4ribu.Untuk kentang Rp8ribu.Sedangkan sayur buncis perkilonya Rp 2500.''Rata-rata,harga sayuran perkilonya turun lima ratus mas,''ungkap Sukinah.

Harga cabe rawit juga turun.Saat ini,dijual pada kisaran Rp12ribu per kilogramnya.Sementara,harga cabe tampar Rp5ribu perkilogram.''Untuk sayuran jenis sawi, per ikatnya lima ratus.Padahal,sebelumnya per ikat seribu rupiah.''

Berbeda dengan sayur-mayur,harga beras saat ini cenderung naik.Hal ini disebabkan sebagian besar petani di Magetan mengalami gagal panen akibat serangan hama wereng.''Tapi,secara keseluruhan,harga sayur mayur maupun sembako relatif normal.Ada yang naik dan turun.Tapi,biasanya pada bulan Ramadan dan menjelang hari raya Idul Fitri,harga-harga akan merangkak naik,''kata Azis,sekretaris Paguyuban Pedagang Pasar Sayur.(rif/isd)

Sumber : Radar Madiun


Diberdayakan oleh Blogger.