Pramuka Magetan Akan Masuk MURI

Bertepatan dengan hari Pramuka nasional yang ke 50 pada Minggu (14/8/2011) kali ini, sebanyak 1203 pembina di Kwarcab Magetan akan mendapatkan penghargaan Pancawarsa Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tahun 2011. Momen ini bakal diajukan ke MURI.

"Kita sudah mengajukan ke MURI dan sudah dipastikan kita akan masuk rekor karena mendapatkan penghargaan Pancawarsa terbanyak sepanjang sejarah gerapan Pramuka di Indonesia," ujar Ketua Kwarcab Pramuka Magetan, Nanik Endah Rusmiati.

Menurut Nanik, rencana pemberian penghargaan MURI tersebut akan diberikan secara bersamaan dengan pemberian 1203 penghargaan Pancawarsa, pada tanggal 26 Oktober mendatang. Pemberian penghargaan tersebut akan di lakukan di Alun-alun Kabupaten Magetan.

"Karena pertimbangan waktu dan beberapa hal lainnya pemberian penghargaan MURI serta Pancawarsa akan dilakukan pada 26 Oktober mendatang, yang dipimpin langsung oleh Ketua Kwartir Daerah Pramuka Jawa Timur, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Harian Kwarcab Pramuka Magetan, Sukadi, menambahkan, banyaknya jumlah pembina yang menerima penghargaan di wilayahnya ini merupakan kerja keras dari semua anggota gerakan Pramuka yang ada.

"Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras semua pihak. Mulai dari pembina di setiap tingkat sekolah sampai dengan pengurus dari tingkat kwaran di setiap kecamatan hingga pengurus Kwarcab," jelasnya.

Sukari yang juga , menjelaskan Pancawarsa adalah tanda penghargaan untuk pembina Pramuka, yang menandai kesetiaan, kepatuhan, kerajinan, ketekunan, kesungguhan, dan ketertiban anggota dewasa gerakan Pramuka, dalam menunaikan tugas kewajibannya selama lima tahun atau kelipatan lima tahun.

"Selama orang tersebut bisa menunjukan loyalitas dan pengabdian selama lima tahun atau kelipatannya ia berhak mendapatkan Pancawarsa," terang penerima bintang melati, karena pengabdiannya di gerakan pramuka selama lebih dari 30 tahun ini. [rdk/but]

Sumber : Berita Jatim
Diberdayakan oleh Blogger.