3.244 JCH Dipastikan Berangkat

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surabaya memastikan sebanyak 3.244 jamaah calon haji (JCH) akan diberangkatkan haji tahun ini. Dari jumlah tersebut sebanyak 3.159 merupakan JCH yang belum pernah menunaikan ibadah haji.
Berdasarkan data dari Kemenag Kota Surabaya, jumlah keseluruhan JCH sebanyak sebanyak 3.244 orang itu, didominasi JCH yang belum pernah menunaikan ibadah haji. “Jumlah keseluruhan JCH tersebut, didominasi oleh JCH yang belum pernah menunaikan ibadah haji, yaitu sebanyak 3.159 JCH,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surabaya, Suwito saat dikonfirmasi, Selasa (27/9).
Ia menambahkan, sisanya sebanyak 85 JCH sudah tercatat pernah menunaikan ibadah haji ditanah suci Mekah. “Dominasi tersebut dikarenakan memang sesuai kebijakan Kemenag untuk JCH tahun ini harus memprioritaskan bagi JCH yang belum pernah menunaikan haji,” jelasnya.
Total keseluruhan JCH yang diberangkatkan haji tahun ini, terdiri dari 46% atau sebanyak 1.495 JCH pria dan sisanya sebanyak 54% perempuan.
Pemberangkatan haji tahun ini akan dibagi menjadi antara 90 hingga 91 kloter. Sesuai jadwal, kloter pertama akan diberangkatkan pada 2 Oktober 2011 mendatang. Sedangkan untuk kloter terakhir akan meninggalkan tanah air pada 31 Oktober 2011 mendatang. “Untuk kedatangannya, kloter pertama akan tiba di Indonesia pada 12 Nopember 2011 mendatang. Dan untuk terakhir dijadwalkan akan tiba pada 11 Desember 2011,” ungkapnya.
Singgah di Medina
Sementara itu, Humas Kanwil Kemenag Jatim, Fatchul Arif menjelaskan, embarkasi Surabaya akan memberangkan JCH dalam dua gelombang pemberangkatan. “Pada gelombang pertama, embarkasih Surabaya akan memberangkatkan kloter 1 hingga kloter 50. Dan akan terlebih dulu singgah di Kota Madinah,” tegasnya.
Sedangkan untuk kloter 51 hingga kloter 90 akan diberangkatkan pada gelombang kedua yang langsung menuju kota Mekah. “JCH yang akan diberangkatkan pertama berasal dari Bangkalan, disusul Sampang, Pamekasan, dan Sumenep,” tandas Arif.
Ia mengungkapkan, selain dari Jatim, embarkasi Surabaya juga akan melayani pemberangkatan dari NTB sebanyak 4.494 JCH, NTT sebanyak 650 JCH, dan Bali sebanyak 639 JCH. “Nantinya embarkasi Surabaya akan memberangkatkan sekitar empat sampai lima kloter perharinya,” pungkas pria asli Magetan tersebut. fan
Profil JCH Surabaya
Belum pernah menunaikan haji : 3.159 JCH
Sudah pernah menunaikan haji : 85 JCH
Pria : 1.495 JCH (46%)
Wanita : 1.749 JCH (54%)

Sumber : Surabayapost
Sumber Ilustrasi Foto : google

Diberdayakan oleh Blogger.