Enam Jam,Menyatu Lagi

RSUD Sayyidiman Sukses Operasi Penyambungan Jari
MAGETAN-Wajah Saeran,55,warga Desa Getasanyar, Kecamatan Sidorejo,kemarin(20/9)tampak semringah.Itu setelah RSUD dr Sayyidiman sukses melakukan operasi untuk menyambung ibu jari tangan kirinya yang Sabtu (17/9)terputus akibat kecelakaan.

Operasi penyambungan ibu jari itu merupakan kali pertama dilakukan RSUD dr Sayyidiman.Selama ini, operasi serupa biasanya dilakukan di RSUD dr Soetomo Surabaya.''Kalau di luar Surabaya,mungkin baru Magetan ini,''kata Direktur RSUD dr Sayyidiman Ehud Allawy, kemarin(20/9).

Adalah dr Bambang Widiwanto Sp.OT,dokter yang menangani operasi penyambungan ibu jari Saeran itu. Operasi membutuhkan waktu sekitar enam jam.''Tingkat kesulitannya cukup tinggi.Seharusnya operasi ini dilakukan dengan mikroskop.Tetapi lantaran keterbatasan yang ada,saya hanya menggunakan lup.Dan mudah-mudahan saja,nutrisi jaringannya bisa hidup kembali dan jarinya bisa berfungsi,''kata Bambang.

Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya ini mengatakan,teknik yang digunakan adalah penyambungan vaskuler.Menurutnya,itu mirip pola transplantasi hati dan penyambungan tulang biasa. ''Jika ada kejadian serupa,yang penting maksimal potongan ibu jari tersebut tidak dibiarkan terkena udara lebih dari enam jam,''ungkapnya.

Untuk masa recovery,lanjut dia,membutuhkan waktu tiga hingga enam bulan.''Untuk jempol memang paling sulit, karena paling ujung.Artinya,jika paling ujung saja bisa berhasil,saya berharap untuk hal-hal lain seperti paha yang patah,bisa dilakukan cukup di Magetan.Tidak perlu di luar kota.Dan yang paling penting,saraf bisa berfungsi kembali,''urainya.(wka/isd)

Sumber : Radar Madiun
Sumber Ilustrasi Foto : Google

Diberdayakan oleh Blogger.