Jatim Terima Bantuan Rp 10 Miliar

Guna mengatasi bencana kekeringan yang saat ini melanda kabupaten/kota di daerah ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur mendapat bantuan uang Rp 10 miliar dari pemerintah pusat.

Kepala BPBD Jatim, Siswanto di Surabaya, Jumat (23/9) mengatakan sebanyak 616 desa di 22 kabupaten/kota kategori golongan tiga yakni kering kritis, dengan persedian air kurang 10 liter air per hari dan hanya untuk minum satu hari.

Lokasi sumber air sudah kering sehingga warga terpaksa mengambil air dari mata air lain yang jaraknya 10 hingga 30 kilometer.

Daerah yang mengalami kekeringan parah adalah Trenggalek, Pacitan, Nganjuk, Ponorogo, Bojonegoro, Pamekasan, Magetan, Malang, Lumajang, Pamekasan, Bangkalan, Tulungagung, Blitar, Gresik, Lamongan, Sumenep, dan Madiun.

Berdasarkan kajian Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG ), musim kemarau tahun ini memang lebih parah dibandingkan tahun lalu. Penyebabnya perubahan iklim, namun pihaknya terus koordinasi dengan dengan PDAM di kabupaten/kota untuk suplai air bersih ke daerah yang mengalami kekeringan.

Sumber : Kompas
Sumber Ilustrasi Foto : Google


Diberdayakan oleh Blogger.