Empat Pekerja Perbaikan Plengsengan Jalan Tewas Tertimbun Longsor

Magetan - Nasib malang menimpa pekerja perbaikan plengsengan jalan menuju lokasi wisata Telaga Sarangan, Magetan. Plengsengan yang tengah diperbaiki itu tiba-tiba ambrol dan menimpa enam pekerja. Akibatnya empat diantaranya dinyatakan tewas.

Kempat korban tewas adalah Sunar (35) yang merupakan mandor proyek. Sarno (40) Suyatmi (40) dan yanti (40) mereka semua merupakan warga Dusun Kekel, Desa Dadhi, Kecamatan Plaosan. Dan dua korban luka berat adalah yudi (21) dan Pramono (21).

Salah satu pekerja, Lanjar mengatakan, kejadian tersebut bermula saat ia dan rekan-rekannya tengah memperbaiki plengsengan jalan yang ambrol pada bulan puasa lalu. Namun tiba-tiba pekerja merasa plengsengan yang tengah mereka bangun bergetar.

"Pas terasa bergetar kami langsung lari menjauh tapi ada enam orang yang tidak sempat menjauh dan langsung tertimpa batu dan tanah plengsengan tersebut," ujar Lanjar, pada detiksurabaya.com saat ditemui di lokasi, Minggu (16/10/2011).

Kapolsek Plaosan AKP Setyowiono membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya menilai kembali longsornya plengsengan tersebut diakibatkan oleh kondisi tanah yang gembur sehingga saat rawan longsor.

"Tanahnya labil selain itu di atas plengsengan merupakan jalan yang sering dilewati oleh kedaraan sehingga membuat tanah bergetar dan sangat rawan terhadap bencana tanah longsor," ujarnya.

Hingga berita ini ditulis semua korban sudah berhasil dievakuasi. Mereka kemudian dibawa ke RSUD dr Sayidiman Kabupaten Magetan. Sedangkan material longsor masih menutup sebagian badan jalan.(bdh/bdh)


Sumber : Detiksurabaya
Sumber ilustrasi Foto : Google

Diberdayakan oleh Blogger.