Lomba Cipta Karya Elektronika 2011

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Tekhnologi Nasional, Pemerintah Kabupaten Magetan khususnya BAPPEDA menyelenggarakan Lomba Cipta Karya Elektronika dengan tema “Inovasi Untuk Kesejahteraan Masyarakat”.
Lomba Cipta Karya Elektronika Tahun 2011 tingkat SLTP dan SLTA ini bertempat di Gedung Korpri Kabupaten Magetan yang berlangsung selama dua hari yaitu hari Senin hingga hari Selasa tanggal 19-20 September 2011.
Lomba Iptek Piala Bupati ini memiliki tujuan untuk menunjukkan akan pentingnya pengembangan penelitian dan inovasi yang bisa dipergunakan oleh masyarakat, dunia usaha maupun pemerintahan.

Keahlian para siswa SLTP dan SLTA dibuktikan kemarin siang. Meskipun mereka masih tergolong siswa SLTP dan SLTA namun mereka mampu menciptakan suatu inovasi yang luar biasa dan rata- rata menggunakan biaya yang tidak banyak. Terbukti dengan hasil karya mereka seperti detektor kebakaran, alarm penjaga bayi, hp sebagai pengendali lampu, alarm pendeteksi gempa, peringatan dini banjir, alat pantau keamanan laboratorium komputer menggunakan pemancar radio, alat bantu pendengaran dan masih banyak inovasi yang lainnya.

Lomba Iptek yang diikuti oleh 40 peserta sekolah tingkat SLTP dan SLTA se Kabupaten Magetan ini berjalan dengan lancar dan terjadi sesi tanya jawab yang komunikatif dari para juri yang berjumlah 10 orang. Peserta lomba pun mampu mempersentasikan hasil karya mereka dengan jelas, mulai dari tujuan, manfaat, biaya dan rangkaian apa saja yang ada di dalam karya mereka.

Kreatifitas dalam diri siswa sekolah harus digali sejak dini. Siswa sekolah merupakan generasi penerus bangsa, oleh karena itu hendaknya ditanamkan jiwa kreatif dalam diri mereka sebagai modal kecakapan hidup yang berguna untuk mengembangkan diri. Kreatifitas dengan inovasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna hendaknya terus digali dan dikembangkan untuk menghadapi era globalisasi.

Diharapkan Lomba Iptek Piala Bupati Magetan ini dapat terus berlanjut setiap tahun sebagai agenda rutin yang substansinya semakin baik, menarik dan bermanfaat bagi kemajuan dunia pendidikana dan pembangunan di Kabupaten Magetan.(Weny Subiyanto S.Psi)
Diberdayakan oleh Blogger.