Membangun Bumi Magetan

"Magetan baldatun thoyyibatun warobbun ghofur. Magetan gemah ripah loh jinawi tata tenteram karta raharja".

Kabupaten Magetan saat ini telah berusia 336 tahun tepatnya pada tanggal 12 Oktober 2011 besok yang kita peringati bersama sebagai hari jadi Kabupaten Magetan. Di bawah kepemimpinan beliau Bupati Magetan Drs.H.KRA Sumantri Noto Adinagoro,MM mari bersama-sama kita bangun masyarakat Magetan yang maju dan sejahtera.

Masyarakat Magetan yang wareg, waras, wasis, wutuh, widodo dan waskita. Dikenal dengan akronim 6W.

W yang pertama,
Wareg dalam arti cukup pangan, sandang dan papan. Sebagai salah satu lumbung pangan di Jawa Timur sejak 3 tahun terakhir Magetan rata-rata surplus beras sampai 78.000 ton per tahun. Monggo sederek sedaya warga Magetan kita bangun bersama pertanian yang maju di bumi Magetan. Petani Magetan yang berpikiran maju, produktif, dan mencintai lingkungan hidupnya. Petani Magetan yang sejahtera. Terus bangun pertanian Magetan yang unggul, ramah lingkungan dan dibutuhkan oleh konsumen.

W yang kedua,
Waras itu sehat jasmani dan rohani. Rata-rata angka harapan hidup masyarakat Magetan 70,94 tahun, angka kematian bayi 26 per seribu kelahiran, angka kematian ibu 9 per seratus ribu kelahiran, status gizi buruk 0,76 persen. Angka ini menunjukkan masyarakat Magetan secara umum sehat jasmaninya. Mari kita pertahankan dan tingkatkan prestasi ini. Para dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya siap melayani masyarakat dengan prima dan profesional. Pemerintah menyediakan layanan kesehatan gratis bagi warga kurang mampu.

W yang ketiga,
Wasis dalam arti pendidikan cukup. Rata-rata angka partisipasi murni 81,54 persen, angka putus sekolah 0.36 persen dan angka kelulusan 99,35 persen. Angka ini menunjukkan tingkat pendidikan di Magetan cukup. Mari kita dukung bersama Program Wajib Belajar 12 Tahun di Magetan. Dengan tingkat pendidikan yang cukup mari kita raih masa depan yang lebih baik. Generasi muda penerus cita-cita luhur bangsa Indonesia yang pandai, energik, santun dan giat dalam membangun daerah dan negeri ini. Rintisan sekolah bertaraf internasional mulai dari TK, SD, SMP dan SMA siap menerima putera-puteri Anda.

W yang keempat,
Wutuh dalam arti terwujudnya keseimbangan jasmani dan rohani. Magetan mempunyai Indeks Pembangunan Manusia 71,04. Angka ini lebih tinggi dari pada rata-rata angka IPM Jawa Timur. Indeks Pembangunan Manusia yang relatif tinggi ini berarti masyarakat Magetan rata-rata mempunyai tingkat kesehatan, pendidikan dan pendapatan yang baik. Mari kita syukuri karunia dari Tuhan yang Maha Penyayang ini sehingga masyarakat Magetan semakin sejahtera baik lahir maupun batin. Terus bertekad mempertahankan perilaku hidup sehat, tekun belajar, berdoa, dan bekerja keras.

W yang kelima,
Widodo selamat dunia sampai akherat. Seluruh warga masyarakat Magetan akan mempertahankan Magetan yang Indah, Tertib, Rapi dan Aman. Masyarakat Magetan yang damai dan rukun. Masyarakat Magetan yang saling toleransi dan menghormati. Masyarakat Magetan yang saling tolong menolong dan saling mengingatkan kearah kebenaran dan kesabaran. Magetan yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofur. Masyarakat Magetan yang pandai bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhannya. Magetan yang bersinar sebagai kota yang sejuk dengan masyarakatnya yang ramah dan santun.

W yang keenam,
Waskito, mampu melihat jauh ke depan. Dengan pendidikan yang baik diharapkan masyarakat Magetan mempunyai pandangan yang luas. Pembangunan dirancang dan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan lingkungan hidup agar lestari dan berkelanjutan. Hari ini lebih baik dari hari kemarin. Hari esok lebih baik dari hari ini. Dengan waskita, masyarakat Magetan akan lebih mantap dalam mewujudkan Magetan yang gemah ripah loh jinawi tata tenteram karta raharja. Magetanku Magetanmu Magetan Kita Semua.

Untuk mewujudkan masyarakat Magetan yang 6 W tersebut tentu saja tidak mudah. Perlu perjuangan dan pengorbanan yang tidak sedikit. Di bawah kepemimpinan beliau Bupati Magetan Drs. H. Sumantri, MM mari kita dukung bersama Magetan yang maju dan sejahtera. Maju pendidikannya. Maju pertaniannya. Maju pariwisatanya. Maju industrinya. Maju perdagangannya. Maju kesehatannya. Sejahtera penduduknya. Sejahtera petaninya. Sejahtera pedagangnya. Sejahtera pengusahanya. Sejahtera gurunya. Sejahtera anak-anaknya. Sejahtera kita semua. Sejahtera lahir dan batin.

Sedulur-sedulur kabeh warga masyarakat Magetan
Untuk meraih cita-cita luhur itu dibutuhkan kebersamaan, kekompakan, saling mengisi dari semua elemen masyarakat. Terjalin komunikasi dan kerjasama yang harmonis antara Eksekutif dan Legislatif. Terjalin koordinasi dan sinkronisasi program dan kegiatan yang baik antar Satuan Kerja Perangkat Daerah. Terjalin komunikasi yang baik antara masyarakat dengan Pemerintah Daerah. Terjalin kebersamaan dalam menghadapi semua rintangan, tantangan dan hambatan dalam mewujudkan masyarakat Magetan yang adil dan bermartabat.

Ayo sedulur kabeh warga masyarakat Magetan
Jangan lupa 6W Wareg Waras Wasis Wutuh Widodo Waskito
Kita raih bersama dengan Bupati Magetan Drs.H.Kanjeng Raden Aryo Sumantri Noto Adinagoro, MM

Dengan pertolongan dan bimbingan Alloh Tuhan yang Maha Kuasa mari kita wujudkan kesejahteraan masyarakat Magetan yang adil dan bermartabat. Magetan baldatun thoyyibatun warobbun ghofur. Magetan gemah ripah loh jinawi tata tenteram karta raharja. Mari membangun bumi Magetan.


Selamat Hari Ulang Tahun ke 336 Kabupaten Magetan !

Magetan, 13 Dzulqa'dah 1432 H

Sumber : herdoniwahyono
Sumber Ilustrasi Foto : Google

Diberdayakan oleh Blogger.