Abon Ikan Lele Kuliner Khas Magetan

Magetan. Abon ikan lele, tentunya bagi anda masih asing bukan, bahkan belum pernah sama sekali mendengar atau merasakan kuliner Abon Ikan Lele.Sekarang di Magetan, Jawa Timur, yaitu Sumarlan warga Kelurahan Candi Rejo RT 04/04 Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur telah membuat Abon Ikan Lele yang tentunya rasanya tidak mau kalah dengan Abon daging pada umumnya.

Usaha pembuatan Abon Ikan Lele sudah di lakukan sejak 2 tahun yang lalu. Ide membuat Abon Ikan Lele berawal Sumarlan memelihara ikan lele, namun setiap melakukan penjualan ikan lele mengalami kendala pada ikan yang ukuran besar, menurutnya, ikan lele ukuran besar tidak laku di jual.

Dari situlah Sumarlan berfikir, bagimana ikan lele ukuran besar ini bisa menjadi uang.Mencoba dan terus mencoba akhirnya Sumarlan menemukan jalan keluarnya, yakni membuat abon dari ikan lele.

Tak lama kemudian Sumarlan membuahkan hasil yang memuaskan, perhari omzet yang di hasilkan bisa mencapai 3 juta perhari. Bermacam bumbu di cobanya, berharap menghasilkan rasa yang pas kuliner Abon ikan lele khas Magetan.

Pemasarannya sudah cukup lumayan, selain mempunyai agen di Surabaya, Jakarta, dan Tanggerang, Abon ikan Lele sudah tersedia di Magetan , Madiun, Ponorogo, Ngawi dan kota sekitarnya.Barangnya sudah ada yang mengambil sendiri. Pihak Sumarlan hanya membuat dan mengemasnya dalam bungkus plastik

Perbungkus Sumarlan menjualnya dengan harga Rp.15.000,00. Pembuatan Abon ikan Lele tidaklah sulit. Setiap hari Sumarlan membutuhkan ikan lele 40 sampai 50 kilogram perhari, bila sudah menjadi abon rata-rata bisa menghasilkan 5 sampai 7 Kilogram abon.”Sementara selama saya membuat abon ikan lele belum ada kendala, semua bahan pokok semua tersedia mulai dari ikan lele maupun bahan lainnya seperti bumbu abonnya,”jelas Sumarlan pesiunan salah satu karyawan bank Pemerintah.

Supaya tidak kesulitan bahan baku utama, Sumarlan juga mempunyai tempat untuk membudidayakan ikan lelenya. Kolam untuk membudidayakan ikan lele berjumlah 7 kolam. Isi kolam tersebut umur ikan lele berurutan mulai dari umur 3 sampai 7 bulan yang siap di jadikan bahan baku abon ikan lele.

Cara pembuatannya, ikan lele setelah proses sembelih dan pembersihan, ikan lele pertama di rebus, begitu nampak matang ikan lele tersebut di kupas kulitnya dan di ambil tulangnya. Selanjutnya daging lele di giling sampai lembut, setelah di giling seterusnya di goreng bersama bumbu yang sudah di sediakan seperti bawang merah dan putih, garam, dan gula. Begitu Nampak kering daging lele tersebut, di open selama lebih kurang 30 menit.lalu di kemas dan siap untuk di antarkan ke agen-agen

Diberdayakan oleh Blogger.