Festival Musik Khas Magetan

Magetan. kolaborasi musik Lesung dan Bedug, sebuah perhelatan khas Magetan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Magetan, Jawa Timur menyambut datangnya tahun baru Jawa. Festival ini diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat Magetan mulai dari tingkat SLTA, Ormas, dan instansi Pemerintah Kabupaten Magetan. Sabtu, (19/11).

Antosias masyarakat Magetan untuk menyaksikan acara Festifal Lesung Bedug yang di gelar di alun-alun Magetan sangat tinggi, terbukti dalam kondisi hujanpun masih banyak yang menyaksikan hingga rela menunggu hingga selesai acara.

“ Saya sangat senang sekali mengikuti lomba lesung dan bedug, karena permainanya musik sangat unik dan menarik, Lesung dan bedug di pukul bergantian dan di kombinasikan dengan alat music lainnya seperti gong, gemblak, maupun alat music lainnya ternyata bisa menimnbulkan nada indah,inilah khas Magetan Ledug dan Lesung” ungkap Sucipto salah satu peserta asal Kecamatan Barat.

“ Selain itu, uniknya lagi, alat music Lesung dan Bedug bisa mengiringi lagu-lagu jaman sekarang, dan suaranya juga lumayan asyik, bahkan asyik untuk di buat goyang,” jelasnya kepada Magetankumandang.com.

Aulia Salah satu peserta dari SMA Negeri 1 Maospati merasa gembira bisa mengikuti acara festival tersebut.” Selain ikut lomba ini saya juga senang bisa ikut melestarikan budaya Indonesai khususnya budaya Magetan.Musik bedug & Lesung ini terbilang dan unik, karena hanya dengan alat seperti itu bisa untuk menciptkan nada yang indah,” katanya.

“ Kolaborasi yang sangat mantab, bila bisa memainkan alat music ini dengan baik dan benar, maka akan menimbulkan suara nada yang indah untuk di dengar,” terangnya.

Jumlah peserta total 58 terdiri dari SLTA,Ormas, dan Instansi Pemerintah. Acara tersebut berlangsung selama 3 hari di mulai hari Sabtu hingga hari Senin. Masing-masing peserta yang bermain sesuai keteria akan mendapatkan sebuah piala, Piagam serta tabanas


Sumber : Magetankumandang.com


Diberdayakan oleh Blogger.