Perwakilan Guru Mengadu ke Jakarta

Puluhan guru yang mewakili ribuan guru di 10 kabupaten/kota di Jawa Timur, Rabu (21/12/2011), berangkat ke Jakarta. Mereka berencana mendatangi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mempertanyakan perihal sertifikasi guru. Sepuluh kabupaten/kota itu yakni Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Malang, Pasuruan, Trenggalek, Blitar, Ngawi, Magetan, Ponorogo, dan Pacitan.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Magetan Toyib mengatakan, sebanyak 11.000 guru beberapa waktu lalu mengikuti ujian sertifikasi. Ribuan guru tidak lulus dalam ujian itu. Rata-rata yang tidak lulus itu adalah guru Bahasa Inggris dan guru kelas yang usianya di atas 50 tahun.

Di Kabupaten Magetan, misalnya, terdapat 82 guru yang tidak lulus dari 197 guru yang ikut ujian. Adapun di Kabupaten Madiun, 64 guru dari 152 guru yang tidak lulus.

"Kami akan mempertanyakan mekanisme penilaiannya karena menurut kami banyak kejanggalan. Kedua, kami menuntut agar sistem penilaiannya ditinjau ulang, kemudian dilakukan ujian ulang dengan penilaian yang lebih baik," tutur Ketua Bidang Advokasi dan Perlindungan Hukum PGRI Kabupaten Madiun Harsono.

Sumber : Kompas.com


Diberdayakan oleh Blogger.