Rasiyo Diperpanjang, Tujuh Pejabat ’Gigit Jari’

Tujuh pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang selama ini digadang-gadang bakal menggantikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Rasiyo dipastikan ’gigit jari’. Ha ini setelah surat perpanjangan masa jabatan Rasiyo dari Kementerian Dalam Negeri (Kemndagri) turun di hari terakhir masa jabatannya, Jumat (16/12). Dalam surat perpanjangan itu, Rasiyo masih akan menjabat selama satu tahun ke depan.

Selama ini, ada tujuh nama yang mencuat untuk menggantikan posisi Rasiyo sebagai Sekdaprov. Sebut saja Asisten IV Setdaprov Jatim, Ahmad Sukardi; Asisten II, Hadi Prasetyo; dan Asisten III, Edi Purwinarto. Selain itu mencuat nama Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Akmal Budianto; dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Nurwiyatno.

Sementara dari jajaran Kepala Dinas ada dua nama yang ikut meramaikan bursa Sekdaprov Jatim. Dua nama itu adalah Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik), Harun dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk), Hary Soegiri. “Mungkin juga rezekinya Pak Rasiyo karena perpanjangannya disetujui. Sebab sejak kemarin juga saya masih belum tahu, saya hanya bilang kalau perpanjangan pak Rasiyo diusulkan dan belum ada jawaban,” ujar Soekarwo, Gubernur Jatim, Jumat (16/12).

Gubernur menjelaskan surat perpanjangan masa jabatan itu baru diterima kemarin. Soekarwo mengaku tidak menduga surat perpanjangan masa jabatan itu keluar di hari-hari terkahir masa jabatan Rasiyo. Terlebih lagi, pihaknya sudah menyiapkan seorang nama untuk dijadikan Pelaksana tugas (Plt).

Pakde Karwo, sapaan akrabnya mengatakan ada dua alasan utama mantan Kepala Dinas Pendidikan Jatim itu diperpanjang masa jabatannya sebagai Sekdaprov. Alasan pertama, kata Pakde Karwo, adalah kondisi kesehatan Rasiyo masih cukup mumpuni untuk menjalankan tugasnya. Gubernur dengan kumis tebal itu bahkan masih sering menjumpai Rasiyo bermain bola voli pada hari Jumat.

Alasan kedua, lanjut dia, masih ada persoalan kemiskinan dan bantuan Jalinkesra yang belum diselesaikan di Jatim. Masalah kemiskinan dan bantuan ternak yang bermasalah di Magetan menjadi menjadi alasan Rasiyo diperpanjang. “Pak Rasiyo masih sehat dan tiap jumat masih sanggup main voli. Selain itu, beliau juga koordinator Program Jalinkesra dimana program pengentasan kemiskinan belum selesai dan masih ada permasalahan,” paparnya.

Gubernur juga membantah adanya unsur politis dalam perpanjangan masa jabatan Rasiyo. Pakde Karwo menjelaskan, kalau perpanjangan masa jabatan Rasiyo diperpanjang bersamaan dengan Dirjen Migas Evita Legowo. “Mungkin karena berbarengan dengan itu (perpanjangan Evita Legowo) jadi diterima, tidak ada unsur politis karena kebetulan satu paket,” ujarnya.

Seperti diketahui, usia Sekdaprov Jatim Rasiyo hari ini genap 60 tahun dan harus memasuki masa purna tugas. Tetapi Gubernur Jatim Soekarwo mengajukan perpanjangan masa jabatan Rasiyo. yop

7 PEJABAT YANG SEBELUMNYA DIGADANG-GADANG MENJADI SEKDAPROV

NAMA JABATAN

Ahmad Sukardi Asisten IV Setdaprov Jatim

Hadi Prasetyo Asisten II

Edi Purwinarto Asisten III

Akmal Budianto Kepala BKD

Nurwiyatno Kepala BPKAD

Harun Kepala Dispendik

Hary Soegiri Kepala Disnakertransduk

Diberdayakan oleh Blogger.