Inilah Kawasan Yang Diprakirakan Hujan Hari Ini di Jawa Timur

Hampir seluruh wilayah Jawa Timur, termasuk Kota Surabaya akan diguyur hujan pada sore dan malam nanti. Prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda, Jumat (13/1/2012) menyebutkan Kota Surabaya akan hujan dengan intensitas sedang di atas pukul 16.00 WIB.

Ahmad Bisri Prakirawan BMKG Juanda pada suarasurabaya.netcumulus nimbus (CB) yang pekat. Potensi itu masih ada,” kata dia.

Sementara itu untuk Jawa Timur pada umumnya, sebagian besar memang akan hujan. Bahkan di kawasan Malang, hujan sudah turun sejak pagi ini. Dari pantauan citra satelit, diprakirakan terjadi hujan intensitas ringan mulai sore nanti di daerah : Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Kediri, Situbondo, Jombang, Magetan, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Sampang, dan Kediri.

Sedangkan hujan dengan intensitas sedang akan terjadi mulai sore di kawasan : Malang, Pasuruan, Madiun, Pacitan, Banyuwangi, Bawean, Sumenep, Nganjuk, Jember, Blitar, Surabaya, dan Batu.

Siklon Tropis Heidi terpantau hari ini sudah masuk daratan Australia Barat. Dengan ini, dampaknya buat cuaca Jawa Timur semakin positif. “Kekuatan angin mulai berkurang yang berdampak positif dengan semakin normalnya kondisi gelombang laut,” kata Ahmad Bisri.

mengatakan perlu juga diwaspadai terjadinya angin puting beliung saat dimulainya hujan. “Sebaiknya warga Surabaya waspada adanya angin puting beliung kalau terjadi pembentukan awan.


Sumber : Suarasurabaya.net
Sumber Ilustrasi Foto : Google.com

Diberdayakan oleh Blogger.