Petani Jeruk Pamelo Kebagian Berkah Imlek

Magetan - Tak hanya perajin lampion dan aksesori lainnya yang kebagian berkah Hari Raya Imlek. Petani jeruk pamelo di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, juga kecipratan berkah tahun baru Cina ini.

Selain dikonsumsi bebas, jeruk buah besar bernama latin citrus grandis ini ternyata juga digunakan sebagai salah satu buah untuk persembahan ke dewa-dewi pujaan umat Tri Dharma. Terlebih saat sembahyang pada malam peringatan tahun baru Imlek di klenteng.

Salah seorang petani jeruk pamelo di Kelurahan/Kecamatan Takeran, Magetan, Harjo Tekad, mengatakan, dalam seminggu terakhir, pesanan jeruk pamelo untuk Imlek meningkat pesat. “Kalau menjelang Imlek, sehari bisa mengirim sampai 600 buah, kalau hari biasa sekitar 400 buah,” kata Harjo, Sabtu, 21 Januari 2012.

Harga jual jeruk pamelo dari petani rata-rata Rp 5 ribu per buah. Jeruk pamelo untuk Imlek ini adalah jeruk pilihan dengan ukuran cukup besar sehingga harganya lebih mahal dibanding yang berkualitas biasa yang rata-rata Rp 3.000-3.500 per buah.

Jeruk ini pesanan pengepul atau pedagang di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Malang. Oleh pengepul dan pedagang, jeruk dijual kembali dengan harga lebih dari dua kali lipat mulai Rp 10-15 ribu per buah.

Jeruk pamelo yang dipesan untuk peringatan Imlek ini adalah jeruk berukuran besar beserta tangkainya yang berdaun. “Tidak semua tangkai di buahnya ada daunnya, jadi harus dipilih, karena itu yang laku untuk sesajen Imlek,” ucap petani jeruk pamelo yang lain, Kamiran.

Kamiran juga kebanjiran pesanan jeruk pamelo untuk peringatan Imlek. “Sekali kirim bisa satu pikap bermuatan sekitar 2.500 buah, meningkat dibanding hari biasa,” tuturnya.

Salah seorang warga etnis Tionghoa, Agung, sengaja memesan jeruk pamelo dari Magetan yang dikenal sebagai sentra perkebunan jeruk pamelo. “Karena yang bagus ada di Magetan. Selain jeruk pamelo, kami juga memesan buah naga untuk perayaan Imlek,” ucap pria asal Magetan ini.


Sumber : Tempo.co
Sumber Ilustrasi Foto : Google.com


Diberdayakan oleh Blogger.