Sidowayah, Dulu Desa Tertinggal Kini Desa Handal

Desa Sidowayah, Kecamatan Panekan, mewakili Kabupaten Magetan dalam lomba Desa tingkat Jawa Timur. Setelah melalui penilaian secara berjenjang, desa ini dikunjungi team penilai dari Provinsi Jatim, (Selasa, 15/6)

Kepala Desa Sidowayah, Suharto (45), mengatakan, “ Penilaian di tingkat Kabupaten yang berlangsung April lalu. Sidoyawah masuk di Empat besar se Jatim, lainnya : Madiun Kabupaten,Nganjuk dan Gresik.”

Jangan pernah pesimis, teruslah berpikiran maju. Resep itulah yang terus dipakai Suharto untuk menggodok warganya, dulu Sidowayah merupakan desa tertinggal, tapi ketertinggalan itu kini telah menjadi sejarah hidup dan merupakan suatu pengalaman untuk meraih jenjang yang lebih mapan.

Bersama warganya, Suharto menyulap kehidupan desanya bisa mandiri. Nyaris pengangguran yang dulu tumpuk undung, kini tinggal puluhan orang saja yang belum berkesempatan mendapatkan pekerjaan.

“Warga memiliki keinginan yang sangat kuat untuk maju, sebagai perangkat, kami hanya memberi fasilitas saja, ternyata antara perangkat dan warga saling mendukung dan mau kerja keras,” Kata Suharto yang memimpin penduduk 4.359 jiwa itu.
Tarian Perangkat dan Penduduk Desa Sidowayah menghibur tamu undangan
Masih kata Suharto, dalam bidang pendidikan dan kesehatan Desa Sidowayah juga punya kelebihan, yakni Desa ini memiliki perpustakaan digital dan stasiun radio lokal. Balai Desa juga menyediakan Hotspot dan internet gratis yang bisa digunakan oleh warga. juga miliki website Desa Sidowayah. Sedangkan pada bidang kesehatan, ada rumah sehat Poskesdes (Pos Kesehatan Desa) mandiri yang dikelola dan dibiayai oleh desa.” Jelasnya.

Dituturkannya, indikator penilaian lomba desa di tingkat propinsi ini meliputi beberapa aspek, yaitu pendidikan, kesehatan masyarakat, keamanan, seni budaya, lingkungan hidup, keamanan dan ketertiban, dan fasilitas, sarana/prasarana.

“Pada indeks pembangunan manusia, Desa Sidowayah dalam dua tahun terakhir memiliki trend yang terus naik/meningkat, poin penilaiannya di sini. Jika empat desa terbaik di Jatim ini sama-sama kuat di indeks pembangunan manusianya, kami akan mencari plus yang lain untuk menentukan pemenang”. Kata Totok Suwarto, Team Penilai Lomba Desa Tingkat Prov, Jatim.

Salah satu team penilai , sempat mengatakan , yang dimiliki dan aktifitas yang ada di Desa Sidowayah, betul - betul nyata, tidak ada rekayasa , disamping itu, Sidowayah adalah betul - betul sebuah desa, di kabupaten lain yang masuk nominasi adalah Desa didalam kota, untuk itu Sidowayah mempunyai peluang besar sebagai wakil dari Jawa Timur dalam Lomba Desa tingkat Nasional
Sumber / Link : Magetanonlinecom
Diberdayakan oleh Blogger.