Telecenter

Apa itu telecenter? Telecenter adalah pusat teknologi informasi yang dirancang khusus untuk mengakses informasi, berkomunikasi dan mendapatkan layanan informasi bidang sosial dan ekonomi dengan menggunakan sarana teknologi informasi dan berkomunikasi berupa komputer dan internet.

Telecenter sendiri terdiri dari dua kata, yaitu tele yang mempunyai arti media informasi komunikasi. Sedangkan kata center yang berarti pusat, jadi telecenter merupakan istilah singkat dari “Pusat Pemberdayaan Masyarakat Multifungsi Berbasis Telecenter” (Multipurpose Community Development Telecenter / MCDT).

Informasi teknologi dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat desa yang antara lain berupa pelatihan-pelatihan peningkatan ketrampilan dan pengetahuan serta pelaksanaan kegiatan ekonomi masyarakat setempat secara professional yang didukung oleh fasilitas telecenter.

Maksud dan tujuan didirikannya Telecenter adalah:
Memberdayakan masyarakat dengan kemudahan akses terhadap informasi dasar seperti informasi pasar, pertanian, perdagangan, pendidikan, kesehatan dan lainlain.
Meningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal mengakses informasi penggunaan komputer, manajemen telecenter dan lain-lain melalui pelatihan-pelatihan.
Mendorong masyarakat untuk meningkatkan perekonomian setempat dengan kegiatan pembangunan komunitas melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
Mengembangkan kerjasama dengan pihak-pihkan terkait untuk membangun komunitas lokal.

Telecenter sebagai pusat informasi berbasis internet diharapkan dapat memberdayakan masyarakat miskin yang memiliki aktivitas ekonomi antara lain, petani, nelayan, pedagang dan perajin di daerah-daerah tertinggal. Selain itu dengan dibangunnya telecenter, nantinya dapat mengidentifikasi potensi, kondisi, dan kebutuhan masyarakat sehingga dapat memberikan layanan yang optimal sesuai dengan kebutuhan spesifik pengguna.

Pendidikan Network (Telecenter) sangat mendukung dalam mengataskan kemiskinan, dengan telecenter anak-anak di Indonesia khususnya di pedesaan dapat belajar mengenai komputer, dapat mengakses internet dan berpartisipasi dalam pengembangan pendidikan dan negara kita.

Dengan adanya telecenter diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat
tentang teknologi informasi dari internet dan tidak gagap teknologi guna mendukung pengelolaan usaha dan pemasaran hasil usaha dibidang industri dan pertanian agar telecenter dapat berswadaya dan mandiri sebagai suatu unit usaha milik masyarakat.

TELECENTER WISNU MURTI MAGETAN
Merupakan salah satu dari dua puluh dua telecenter yang ada di Jawa Timur dan termasuk salah satu diantara empat Telecenter baru yaitu Telecenter dari Kabupaten Ngawi,Nganjuk,dan Bangkalan.
Berlokasi di Desa Sidorejo Kecamatan Sidorejo Kab. Magetan. (Depan Kecamatan Sidorejo)

Struktur Organisasi Telecenter Wisnu Murti Magetan:

Kegiatan Yang Sudah Dilaksanakan Oleh Telecenter Wisnu Murti Magetan:
Sosialisasi MDS (Mengenal Desa Sendiri) dan pelatihan internet bagi perangkat desa dan staf di :
Desa Sidomulyo
Desa Getasanyar
Desa Sidorejo
Desa Kalang
Desa Campursari
Desa Sumbersawit
Desa Durenan
Pelatihan internet bagi para guru dan kelompok tani di wilayah Kecamatan Sidorejo
Penyelenggaraan warung internet murah dan pelatihan gratis bagi masyarakat yang ingin belajar internet.
Diberdayakan oleh Blogger.