Pengunjung Telaga Sarangan Magetan Meningkat

Magetan - Jumlah pengunjung di objek wisata Telaga Sarangan di Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jatim, meningkat selama liburan akhir pekan panjang yang bersamaan dengan Hari Raya Nyepi 2012.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pos Retribusi Telaga Sarangan, Kuswinardi, Minggu mengatakan, peningkatan signifikan terjadi saat hari Jumat (23/3) lalu, dengan jumlah wisatawan mencapai 3.000 orang lebih.

"Jumlah tersebut cukup tinggi jika dibandingkan dengan hari biasa yang rata-rata hanya 1.000 hingga 2.000 pengunjung. Sedangkan jumlah pengunjung pada Sabtu (24/3) dan Minggu (25/3) diperkirakan sama sekitar 3.000-an atau hanya naik sedikit saat kunjungan akhir pekan biasa yang mencapai 2.500 orang," ujar Kuswinardi kepada wartawan.

Menurut dia, peningkatan jumlah pengunjung ini disebabkan karena masyarakat ingin memanfaatkan momentum libur akhir pekan panjang yang bersamaan dengan Hari Raya Nyepi untuk berpiknik bersama keluarganya.

"Telaga Sarangan sudah cukup dikenal, sehingga saat liburan pasti menjadi salah satu objek tujuan untuk berwisata. Para wisatawan yang berkunjung ini tidak hanya dari Magetan saja, namun juga sejumlah kota dan kabupaten di sekitarnya seperti Madiun, Ngawi, Ponorogo, bahkan Yogyakarta dan Solo," terang dia.

Selain jumlah pengunjung yang naik signifikan, tingkat hunian hotel di kawasan tempat wisata setempat juga naik jika dibandingkan dengan akhir pekan biasa.

"Tingkat hunian hotel di kawasan Telaga Saragan pada momentum kali ini meningkat antara 75 persen hingga 80 persen dari akhir pekan biasa. Para pengunjung ini rata-rata menginap sejak hari Jumat (23/3) hingga Minggu (25/3) atau nanti sore," kata dia.

Keadaan tersebut semakin membawa keuntungan bagi penyedia jasa lainnya di kawasan sekitar, seperti persewaan wisata perahu, persewaan wisata kuda, maupun pasar tradisional buah dan sayuran khas Plaosan, Magetan.

Ia menambahkan, momentum liburan akhir pekan panjang yang bersamaan dengan hari libur keagamaan merupakan saat yang tepat untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Telaga Sarangan secara khusus dan Kabupaten Magetan secara umum. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) wisata daerah setempat.

Data Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Magetan, mencatat jumlah kunjungan wisatawan ke daerah Magetan selama tahun 2010, mencapai 476.000 orang.

Ditargetkan pada tahun 2011 terjadi peningkatan kunjungan wisatawan hingga 20 persen dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) wisata mencapai Rp2,5 miliar. Hal yang sama ditargetkan pada tahun ini.


Sumber : Antaranews.com
Sumber Ilustrasi Foto : Google.com


Diberdayakan oleh Blogger.