Magetan Siap Sambut Wisnu dan Wisman

Pada tahun 2011 jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia sebesar 7.649.731 orang diantaranya melalui Bandara Juanda Surabaya 185.815 orang, Bandara Adi Sumarmo Surakarta 23.830 orang, dan Bandara Adi Sucipto Yogyakarta 48.160 orang.

Sampai triwulan tiga tahun 2011 jumlah wisatawan nusantara (wisnu) sebesar 89.112.000 orang. Selama tahun 2011 jumlah wisnu yang masuk ke Jawa Timur sebanyak 25.184.263 orang dan wisman 203.888 orang. Dari jumlah tersebut wisnu yang berkunjung ke Magetan sebesar 448.328 orang dan wisman 780 orang.

Indonesia sudah dikenal sebagai sebuah lokawisata yang kaya warna, eksotis, enticing, fascinating, dan inviting. Kawasan wisata Telaga Sarangan Magetan sudah mempunyai brand baik di tingkat regional Jawa Timur maupun nasional. Bagaimana agar kunjungan wisnu dan wisman ke Magetan dapat meningkat pesat di masa mendatang ? Apa yang diinginkan oleh para wisatawan ?

Wisatawan memerlukan informasi dan kenyamanan yang mapan. Informasi yang jelas untuk menuju ke kawasan wisata, transpor mudah dan murah, keasrian alam, penginapan nyaman dan bersih, lingkungan aman, makanan higienis dan murah, orang-orang yang ramah, dan di tempat tersebut ada internet.

Soal penginapan, mereka butuh kamar tidur bersih, suasananya tenang, lingkungannya bersih, orang-orang disekitarnya ramah dan tak segan membantu. Wisatawan suka orang-orang yang friendly, helpful, tidak menganggap mereka sebagai 'sapi perah', dan tidak rip-off.

Mereka juga harus mendapatkan rasa aman yang mencakup aman dari gangguan kejahatan, gangguan pengelola wisata (pemandu wisata, pengelola hotel, sopir angkutan umum, orang-orang yang mencari keuntungan sesaat dari wisatawan), dan gangguan orang-orang di sekitar tempat wisata (ekonomi.kompasiana.com | Wajah Pariwisata Kita dalam Catatan Wisatawan Asing | Eddy Roesdiono | 3 Maret 2012 | 16:00).

Magetan siap sambut wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke kawasan wisata Telaga Sarangan dan sekitarnya. Magetan memiliki obyek wisata yang cukup lengkap mulai dari wisata alam, minat khusus, sejarah dan budaya, industri kecil dan kerajinan.


 
Diberdayakan oleh Blogger.