Panen Perdana JUN di Sumur Songo

Magetan – Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan didampingi bupati Magetan Sumantri melakukan panen perdana Jati Unggul Nusantara (JUN) di Desa Sumur Songo, Kecamatan Karas, Magetan, Senin (16/04).

Panen dan pemanfaatan pohon jati berumur lima tahun ini merupakan pertama kali terjadi di Indonesia bahkan di Dunia. Selama ini, jati yang dipanen dengan kualitas sama biasanya memiliki masa tanam 30 tahun - 40 tahun. "Ini merupakan kemajuan, dan kualitas bibit jati unggul akan terus diperbaiki," ujar Zulkifli dalam sambutannya.

Jati yang ditanam merupakan bibit klon-klon jati unggul melalui test DNA. Pengembangan bibit ini merupakan hasil kerja sama unit UBH KPWN dengan UGM. Kecepatan panen JUN ini menyamai Pohon Sengon yang bisa dipanen 5 tahun.

Jati JUN dipanen dengan pola bagi hasil umur lima tahun.

“Prestasi yang luar biasa bagi KPWN dan kehutanan karena bisa memanen pohon jati lima tahun dengan hasil yang memuaskan, empat pohon dalam jangka lima tahun bisa menghasilkan 1 kubik.”

Dirinya berharap agar tanaman seperti ini bukan hanya dikembangkan di Magetan tetapi di kabupaten lain juga perlu. "Jangan hanya disini tapi saya berharap dikembangkan di luar pulau jawa," terangnya.

Menurut dia, inilah pertumbuhan ekonomi dari kampung yang bisa mengembangkan ekonomi dari Desa. Usai meberikan sambutan Menteri Kehutan Zulkifli Hasan Menerima cidera mata dari para petani jati dilanjutkan penebangan pohon jati bersama bupati Magetan Sumantri. rud

Sumber : Magetankita.com


Diberdayakan oleh Blogger.