Para Pejabat Magetan Ajarkan Taat Pajak

MAGETAN – Sejumlah pejabat di Magetan pastikan tertib wajib pajak. Itu dibuktikan dengan penyerahan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak penghasilan (PPh) orang pribadi tahun 2011 di Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Magetan, kemarin (28/3). Bupati Magetan Drs H Sumantri dan wabup Samsi menjadi yang terdepan menyerahkan kewajibannya itu.

Kesempatan itu berbarengan dengan pekan panutan penyampaian SPT-PPh oleh KP2KP Magetan yang dipusatkan di kantor yang beralamat di Jalan Karya Dharma 8 Magetan itu, kemarin. Selain bupati, hadir pula dalam kesempatan itu, Kapolres Magetan AKBP Agus Santosa dan sejumlah kepala SKPD berikut wajib pajak (WP) lainnya.

‘’Tujuannya, sebagai bentuk kepedulian para pejabat dalam kewajibannya menyampikan SPT tahun 2011. Diharapkan para pejabat ini bisa memberi contoh kepada warga masyarakat atau WP lainnya. Apalagi, kami imbau supaya penyampaian SPT perorangan ini maksimal 31 Maret nanti dam 30 April mendatang untuk SPT badan,’’ kata Susilo Hadi, kepala KPP Pratama Ngawi.

Sementara itu, Kepala KP2KP Magetan Totok Subiyantoro menambahkan, PPh orang pribadi merupakan satu bagian yang sangat penting dalam mendukung kehidupan berbangsa dan bernegara. khususnya di Magetan. ‘’Dari data, jumlah WP Magetan mencapai 50.000. Itu termasuk orang dan NPWP badan. Sedangkan yang baru melaporkan SPT tahunan sampai 27 Maret 2012, baru 15.999 WP,’’ ujar Totok.

Jumlah tersebut, menurutnya apabila dibandingkan tahun 2011, naik 15 persen. Harapannya, melalui kegiatan pekan panutan penyampaian SPT ini, pada akhir Maret ini seluruh WP bisa menyerahkan SPT tersebut. ‘’Dimulai dari para pejabat, dan supaya bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, dunia usaha hingga karyawan baik swasta maupun PNS,’’ terang Totok. 

Bupati Magetan Drs H Sumantri mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, keberadaan PPh orang pribadi memiliki peran penting dalam memberikan andil dan kontribusi dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan. ‘’Semoga melalui pekan panutan penyampaian SPT ini mampu memberikan motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya menyampaikan SPT tahunan sebelum jatuh tempo,’’ terang Sumantri.


 
Diberdayakan oleh Blogger.