Tomcat (Jentir) Sahabat Petani Padi


Magetan. Binatang Tomcat atau biasa di sebut jentir. Akhir-akhir ini binatang yang bisa melukai kulit manusia sedang “Naik Daun”. Tomcat adalah sahabat para petani padi, karena keberadaan Tomcat sangat membantu para petani, fungsi tomcat bagi petani adalah binatang predator yang memanggsa sejenis hama wereng, semut maupun binatang lainnya.” Binatang itu sudah ada sejak saya masih kecil,saya biasa menyembutkan binatang jentir,”ujar Harry Susanto Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

“Bila Tomcat di buru secara massa tidak menutup kemungkinan akan merusak rantai makanan, sebab, keberadaannya sangat membantu para petani padi khususnya,”katanya.

Harry menambahkan, berharap masyarakat jangan terlalu takut dengan adanya jentir atau Tomcat, karena binatang tersebut tidak membahayakan. Bilamana mengetahui jentir nempel di anggota tubuh lebih baik di usir secara pelan dengan cara di tiup atau di usir dengan alat bantu yang ada di sekitar ,”jelasnya kepada magetankumandang.com

Tanda terkena Tomcat pertama cairan yang dikeluarkan bisa menimbulkan gejala panas di sekitar anggota tubuh yang terkena cairan,kedua dalam waktu kurang lebih 1 X24 kulit akan melempuh dan bernanah.” Untuk mengantisipasi setelah terkena cairan langkah pertama basuh dengan air lalu di sabun,bila masih merasakan sakit langsung di di bawa lari ke Pukesmas terdekat,”pungkasnya.

Sementara itu, dari pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan dalam sepekan ini sudah melakukan sosialisasi cara pencegahan tomcat.cahyo nugroho.Magetan.


Sumber : Magetankumandang.com



Diberdayakan oleh Blogger.