Magetan Kembali Raih Prestasi Nasional


Magetan kembali raih prestasi di tingkat nasional, atas upayanya dalam gerakan Peningkatan Produksi Beras Nasional( P2BN),  yang diterimakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Bupati Magetan Sumantri di Ball Room Hotel Grand Indonesia(18/7/2012).

Penghargaan P2BN tersebut diraih atas prestasi Kabupaten Magetan dalam meningkatkan produksi beras lebih dari 5 persen, diantara faktor yang mendukung Magetan memperoleh penghargaan tersebut adalah program dari pemerintah kabupaten dalam pemberiaan beberapa bantuan diantaranya, pemberian bantuan pengembangan usaha agribis pedesaan, diberikan kepada Gapoktan, Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman( SLPT), bantuan berupa bibit melalui Jaringan Usaha Tani(JITUT), Jalan Usaha Tani( JUT), Jaringan Tersier(JITERS) sumur resapan, reklamasi lahan, bantuan alat pertanian dan rumah kompos.

Bupati Magetan, melalui humasnya mengatakan, bahwa penghargaan tersebut merupakan salah satu indikator telah berjalannya misi, visi dari Kabupaten Magetan yang tertuang dalam program prioritas DI TATA INDAH( Pendidikan, Pertanian, Pariwisata, Industri, Perdagangan, Kesehatan), diamana yang menjadi prioritas utama pembangunan adalah faktor pertanian.

Saat di tanya mengapa yang menjadi prioritas utama pembangunan Magetan bidang pertanian, Sumantri menjelaskan bahwa 62 % penduduk Magetan adalah petani dan buruh tani, selain itu sektor pertanian masih menjadi penyumbang terbesar PDRB untuk Kabupetan Magetan.
“ magetan mayoritas penduduknya petani, jadi sudah menjadi prioritas kami untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian, dan inilah hasil dari usaha tersebut, dan patut kita syukuri” Saif Muhlisun, Kabag Humas Pemkab Magetan.

Sektor pertanian Kabupaten Magetan secara nyata menjadi salah satu kontributor nasional dalam Swasembada beras berkelanjutan, terbukti dengan di terimanya penghargaan P2BN.


Sumber : edhiebaskoro 

Diberdayakan oleh Blogger.