Pemkab Magetan Bagi-bagi Motor untuk Kades

ilustrasi/google.com
Sebanyak 207 Kepala Desa (Kades) dan 18 Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Pendidikan (UPTD Dindik) Kabupaten Magetan mendapat sepeda motor dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Penyerahan kendaraan roda dua itu dilakukan di Pendopo Surya Graha, Selasa (14/8/2012).

"Pemberian ini politis. Tapi kami (Kades) sudah tidak bodoh lagi. Kalau kami diminta dukungan, harus jelas hitungannya," ujar seorang Kades di Kecamatan Panekan, Kepada Surya, Selasa (14/8).

Pembagian sepeda motor ini sebelumnya pernah dilakukan Pemkab Magetan tahun 2005 lalu. Saat itu pembagiannya untuk 207 Kades dan 28 Lurah di Magetan. Namun tahun 2012 ini, 28 Lurah di Kabupaten Magetan tidak mendapat pembagian motor, digantikan Kepala UPTD Dindik. Dana yang digunakan untuk pengadaan kendaraan roda dua ini diambilkan dari APBD Kabupaten Magetan sebesar Rp 3,98 miliar.

"Total motor yang dibagikan hari ini 243 unit, seluruhnya tipe bebek. Untuk Kantor UPTD masing-masing 2 unit,"kata Kepala Dinas Pengelola Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Magetan Mei Sugiarti kepada Surya.

Menurut Mei, pemberian motor kepada seluruh Kades setempat ini bertujuan agar memudahkan perangkat desa yang merupakan ujung tombak pemerintahan paling bawah ini bisa lancar. "Menjelang Pemilu, mobilitas perangkat desa sebagai pemerintahan paling bawah sangat penting. Jadi pemberian ini murni untuk kelancaran pelayanan masyarakat, tidak ada motofasi apa-apa," tandas Mei. 

Sumber :  tribunnews.com


Diberdayakan oleh Blogger.