294 calon haji Magetan siap diberangkatkan

Petugas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magetan, Jawa Timur, menyatakan sebanyak 294 calon haji setempat siap diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini.

"Segala persiapan sudah dilakukan secara lahir maupun batin, insyallah mereka siap berangkat. Hingga saat ini, belum ada laporan yang kami terima tentang adanya calon haji yang berhalangan untuk berangkat," ujar Kasie Haji dan Umroh Kemenag Magetan, Tsalis Umar, di Magetan, Senin.

Menurut dia, 294 calon haji asal Magetan tersebut tergabung dalam kelompok terbang 38. Sesuai rencana, mereka akan berangkat ke Surabaya pada tanggal 4 Oktober mendatang, sekitar pukul 23.30 WIB.

"Rangkaian keberangkatan, rencananya calon haji berkumpul pukul 20.00 WIB di aula pemkab setempat. Lalu, berangkat tengah malam dan tiba di asrama haji Surabaya pada tanggal 5 Oktober pukul 06.00 WIB," kata dia.

Kemudian, pada siang harinya, para calon haji tersebut dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci dari Bandara Juanda sekitar pukul 12.00 WIB.

"Untuk tahun ini, sepertinya tak ada selisih jumlah atau perbedaan dari tahun lalu. Karena kuotanya memang tetap," kata Tsalis Umar.

Ia menambahkan, akibat jumlah kuota yang tidak banyak berubah tersebut, jumlah calon haji Magetan yang mengantre untuk berangkat menunaikan ibadah haji semakin bertambah.

"Daftar tunggu haji di Magetan sudah mencapai tahun 2024. Artinya, pendaftar haji tahun 2012 ini, dipastikan baru bisa berangkat pada tahun 2024. Untuk tahun ini sudah ada seratusan pendaftar," terangnya.

Untuk kuota Magetan sendiri, lanjut dia, berada di kisaran 250 hingga 300an orang setiap tahunnya. Panjangnya daftar antrean tersebut juga disebabkan karena tingginya minat warga Magetan untuk menunaikan haji.

Pihaknya berharap, para calon haji asal Magetan tahun ini dapat menunaikan ibadahnya dengan lancar tanpa kendala apapun juga. Berdasarkan pengalaman, tercatat pada tahun 2009 lalu, bus rombongan calon haji asal Magetan pernah mengalami kecelakaan saat hendak menunju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Satu dari iring-iringan bus yang mereka tumpangi bertabrakan dengan truk di Jalan Raya Kramat Tumenggung KM 43, Kecamatan Tarik, Sidoarjo. Belasan calon haji mengalami luka dan mendapat perawatan di rumah sakit setempat.

Sumber : antaranews 

 
Diberdayakan oleh Blogger.